03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

SMANOR Siap Sukseskan PON Remaja Jatim

Kepala UPT SMANOR JATIM, Drs. Zainal Arifien, MPdSidoarjo, KabarGress.Com – Sekolah Menengah Atas Negeri 0lahraga (SMANOR) Jatim, tidak mempersiapkan secara khusus atlet yang dikirimkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja Jatim 2014. “Tidak ada persiapan khusus, biasa saja dan persiapan bersifat rutin,” aku Kepala UPT SMANOR, Drs Zainal Arifien, MPd, Rabu (22/10).

PON remaja, pertandingannya bakal dimulai Minggu (9/11) tersebut, SMANOR ungkap Zainal, hanya diminta mengirimkan tiga Cabor saja. “Yudo, Voli dan Atletik. Untuk berapa jumlah atlet SMANOR yang diminta, saya masih belum tahu,” imbuhnya.

Atlet-atlet dikirimkan SMANOR untuk PON Remaja, hanya siswa kelas I. Untuk kelas II, dan 3, tidak bisa ikut, karena maksimal usia yang boleh ikut 16 tahun. Meski begitu, secara prinsip SMANOR sudah sangat siap berpartisipasi mensukseskan PON Remaja. Berdasar pengalaman pada PON XVIII Riau 2012 lalu, SMANOR mengirimkan 54 atlet untuk memperkuat kontingen Jawa Timur dan mendapatkan 48 medali. Dari 86 emas yang diraih kontingen PON Jatim, 12 emas diantaranya disumbangkan para atlet dari SMANOR.

Prestasi ini meningkat dibanding PON XVII/2008 di Kalimantan Timur yang menyumbangkan sebanyak 11 emas, 11 perak dan 7 perunggu. Dua belas emas yang dipersembahkan Smanor tersebut, berasal dari 6 cabang olahraga, yakni atletik, judo, panjat tebing, pencak silat, selam dan sepak takraw. Untuk sepak takraw tercatat sebagai cabor terbanyak yakni menyumbangkan emas yakni 5 keping emas. Dari data tersebut diprediksi atlet-atlet SMANOR bakal bekerja secara all-out, dan mampu menyumbangkan yang terbaik bagi Jatim.

Deretan prestasi itu menurut hemat Zainal menjadi motivator bagi para atlet, dapat berkarya lebih baik dalam PON Remaja kali ini. Apalagi PON Remaja 2014 dilaksanakan di Jatim, yang notabene rumah sendiri. Dari segi kesiapan, atlet-atlet yang diturunkan, sudah sangat siap. Baik skile, power maupun kapabilitasnya. Begitu pula scara psikologis atlet SMANOR, telah dipersiapkan sedemikian rupa. “Harapan kita anak-anak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Dan saya optimis anak-anak SMANOR mampu berikan yang terbaik,” katanya.

Menurut Zainal, PON remaja gagasannya dalam kerangka mencetak atlet-atlet muda berbakat yang nantinya mampu membawa harum nama Bangsa Indonesia di kancah olahraga internasional. Untuk itu, kesempatan ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tunjukan prestasi, jadilah yang terbaik.

Ditunjuk

Pertandingan dari berbagai Cabor secara teknis nantinya terbagi di beberapa tempat. Untuk tempat pertandingan bola voli, bertempat SMANOR Jatim. Mengingat fasilitas lapangan bola voli yang dimiliki SMANOR cukup baik. Maka lapangan bola voli SMANOR akan dipakai untuk pertandingan bola voli putri, dan untuk putranya ditempatkan di lapangan voli pantai GOR Delta Sidoarjo.

Zainal Arifin membenarkan fasilitas cabor voli pantai milik lembaga pendidikan yang dipimpinnya akan dipergunakan PON Remaja. Sudah permintaan penggunaan lapangan voli pantai di kompleks sekolah yang berada di Kabupaten Sidoarjo itu sudah diterima. “Tidak masalah, saya senang jika lapangan SMANOR dipakai. Masyarakat luas bisa mengetahui adanya sekolah yang dikhususkan untuk mencetak para atlet. Saya bangga, SMANOR dipercaya PBVSI menjadi tempat pertandingan voli pantai,” kata Zainal.

Menurut dia, kualitas lapangan voli pantai di Smanor sudah memenuhi standar nasional, termasuk dilengkapi tribun penonton yang cukup memadai dan lampu penerangan untuk pertandingan malam hari. “SMANOR juga memiliki fasilitas olahraga lainnya seperti wall climbing, gedung untuk gulat, lintasan sepatu roda dan lapangan voli indoor,”pungkasnya. (eri)