03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pramuka Perkuat Pendidikan Karakter Generasi Muda

Wagub Jatim selaku Kwarda Jatim Drs Saifullah Yusuf Menyematkan PIN selaku ketua pramuka baru di acara Ikrar sumpah Pelantikan Mabicab atau Kwarcab Kota Pasuruan di Rumdis Walikota PaPasuruan, KabarGress.com – Pramuka menjadi sebuah gerakan yang dapat memperkuat pendidikan berkarakter bagi generasi muda. Ini terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan dalam gerakan pramuka dapat menciptakan generasi yang pintar, jujur, bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing, Pengurus Kwartir Cabang dan LPK Gerakan Pramuka Kota Pasuruan Masa Bhakti 2014-2019 di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan, Selasa (21/10).

Ia mengatakan, pada dasarnya, pendidikan karakter terdiri dari empat antara lain kecerdasan, jujur dan berakhlak, tangguh, dan peduli terhadap sesama. Sehingga dengan perkuatan pendidikan karakter, gerakan pramuka tidak lagi dipandang sebagai gerakan yang kuno oleh masyarakat, tetapi memiliki nilai-nilai pendidikan karakter yang sangat penting bagi generasi muda.

”Penting bagi generasi muda itu memiliki pendidikan karakter yang kuat. Tidak hanya pintar, tetapi juga jujur, tangguh dan bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama manusia. Anak yang ikut pramuka nantinya bisa mendapatkan kepandaian, jujur, tangguh, tidak mudah putus asa, kuat menghadapi segala tantangan, dan peduli,” ujar Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim.

Lebih lanjut disampaikannya, dengan memperkuat pendidikan karakter, gerakan pramuka dapat menjadi kawah candra dimuka bagi anak muda dalam menghadapi masa depan. Selain itu, pramuka dapat membantu dan berperan di antara rumah dan sekolah. “Tidak ada pilihan lain untuk para pengurus untuk membuat pramuka menjadi lebih menarik minat generasi muda. Sehingga mereka mau memanfaatkan pramuka sebagai tempat untuk menambah kemampuan,” katanya.

Dijelaskannya, revitalisasi Gerakan Pramuka untuk memantapkan eksistensi pembangunan Bangsa Indonesia kedepan, maka kegiatan kepramukaan saat ini harus digalakkan kembali, baik di sekolah-sekolah maupun di instansi pemerintah dan swasta. Seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010, yang isinya bahwa pembaharuan sistem pendidikan untuk pembentukan karakter generasi muda penerus bangsa melalui kepramukaan.

Untuk menggalakkan kembali pramuka kepada generasi muda, maka dalam setiap kegiatannya yang melibatkan pemuda-pemudi harus dilakukan secara terus inovatif dan kreatif menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. Salah satu inovasi yang dilakukan pramuka di Jatim, dalam waktu dekat, pramuka akan melaksanakan kegiatan perkemahan atau outbond yang melibatkan sekitar 5.000 kader Pramuka kelas 6 SD di setiap kabupaten/kota se-Jatim. Pada saat melakukan outbond tersebut, akan ada media yang meliput kegiatan dan dipilih terbaik.

Dari yang terbaik, akan dipilih 10 terbaik pria dan 10 terbaik perempuan dikirim untuk mengikuti perkemahan di Amerika Serikat. Dalam kegiatan tersebut, Gus Ipul selaku Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jatim melantik H. Hasani sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Masa Bhakti 2010-2015, dan H. Mahbub Effendi, SE, MM sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pasuruan Masa Bhakti 2014-2019. (eri)