01/12/2020

Jadikan yang Terdepan

MasterCard dan Zwipe Meluncurkan Kartu Pembayaran Biometrik dengan Sensor sidik jari Pertama di Dunia

* Akses video MasterCard Zwipe untuk melihat bagaimana kartu ini bekerja di: https://www.youtube.com/watch?v=zqbKhI1QWU4&feature=youtu.be

 

London, KabarGress.Com – MasterCard dan Zwipe mengumumkan kemitraan mereka untuk meluncurkan kartu pembayaran biometrik contactless terintegrasi dengan sensor sidik jari pertama di dunia.

 

Peluncuran kartu ini dilakukan setelah suksesnya percobaan secara online (live pilot) dengan Bank asal Norwegia Norway’s Sparebanken DIN, bagian dari Eika Group, sebagai jawaban atas tantangan yang sangat kompleks dalam menyediakan solusi pembayaran yang cepat, nyaman dan tanpa kompromi dalam aspek keamanan.

 

Kartu Zwipe MasterCard adalah kartu pembayaran biometrik contactless terintegrasi dengan sensor sidik jari pertama di dunia. Kartu ini memiliki sensor biometrik terintegrasi dan dilengkapi dengan teknologi Zwipe secure biometric authentication yang menyimpan data biometric dari pemegang kartu. Kartu ini juga sudah sesuai dengan sertifikasi pengamanan EMV dan aplikasi MasterCard contactless.

 

Kartu ini akan menjadi satu-satunya kartu yang mengkombinasikan pengamanan biometrik dengan kecepatan dan kenyamanan dari sistem pembayaran contactless. Data sensor sidik jari pemegang kartu secara aman akan disimpan di dalam kartu dan tidak berada di database eksternal. Setelah aktivasi dengan pemindaian sederhana terhadap sidik jari, kartu Zwipe MasterCard bisa langsung digunakan. Sistem pengamanan biometrik menggantikan kewajiban untuk memasukkan PIN, hal tersebut otomatis membuat pemegang kartu dapat melakukan pembayaran dengan jumlah yang tidak terbatas, tidak seperti kartu-kartu lain yang tersedia di pasar.

 

Zwipe kini bekerja untuk menciptakan kartu generasi selanjutnya yang akan memiliki format yang sama dengan kartu standar dan didesain untuk dapat digunakan dengan semua terminal pembayaran dan dapat mulai digunakan di tahun 2015. Kartu baru ini akan menyimpan energi dari terminal pembayaran sehingga tidak membutuhkan baterai.

 

Berbicara tentang peluncuran ini, Ajay Bhalla, President of Enterprise Security Solutions, MasterCard mengungkapkan, “Kami percaya bahwa kita harus bisa mengidentifikasi diri kita sendiri tanpa menggunakan kata sandi atau nomor PIN. Penggunaan sistem biometrik memungkinkan hal ini. Akan tetapi, yang menjadi tantangan selanjutnya adalah menyediakan hal ini diikuti dengan sistem keamanan yang kuat, penggunaan yang sederhana dan kenyamanan untuk pelanggan saat digunakan. Percobaan pertama dengan Zwipe ini adalah peristiwa penting dan hasilnya sangat menjanjikan.”

 

Ajay Bhalla, menambahkan, “Memberikan keamanan di setiap transaksi merupakan hal utama bagi bisnis MasterCard. Kami akan terus bekerja dengan inovator seperti Zwipe untuk memastikan bahwa kami selalu menjadi yang terdepan khususnya untuk mengatasi penipuan dan dalam menyediakan pembayaran tanpa gangguan, di mana pada akhirnya mempengaruhi konsumen dalam memutuskan bagaimana mereka melakukan pembayaran.”

 

Kim Humborstad, founder dan CEO Zwipe menambahkan, “Respon dari proyek percobaan kami dengan Sparebanken DIN sangat positif. Para pemegang kartu akan menyukai dengan betapa mudahnya kartu digunakan dengan penambahan fitur pengamanan. Kami juga mendapat respon yang sangat baik dari para retailer yang ikut berpartisipasi dalam proyek ini. Partisipasi mereka memungkinkan para merchant yang mengikuti proyek perdana ini untuk mendapatkan masukan yang berharga dari setiap pelanggannya, pengalaman yang menarik dan juga cara implementasi terbaik untuk digunakan pada masa aplikasinya nanti.”

 

“Kami akan menawarkan sistem otorisasi biometrik dan contactless pada semua kartu kami karena hal ini memberikan kombinasi dari kenyamanan dan keamanan untuk seluruh pelanggan dan partner bisnis,” ujar Morten Danielsen, Business Development Director, Sparebanken DIN. (ro)