14/01/2023

Jadikan yang Terdepan

AirAsia Indonesia Resmi Operasikan Rute Medan – Yogyakarta – Medan

Jakarta, KabarGress.Com – AirAsia Indonesia hari ini resmi mengoperasikan rute Medan – Yogyakarta – Medan melalui penerbangan perdana yang berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu, Medan dan Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta pagi hari tadi. Adapun AirAsia Indonesia adalah maskapai pelopor yang mengoperasikan rute ini dengan mengoperasikan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

Penerbangan QZ 8074 yang membawa sebanyak 170 penumpang lepas landas tepat pukul 06.15 WIB, menandakan dimulainya rute penerbangan harian (7x seminggu) yang menghubungkan dua kota besar di wilayah barat Indonesia. Sedangkan penerbangan perdana Yogyakarta – Medan dengan nomor penerbangan QZ 8075 lepas landas tepat pukul 09.25 WIB membawa sebanyak 160 penumpang.

Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko mengatakan, “Kami sungguh bangga untuk menjadi maskapai pelopor rute penerbangan Medan – Yogyakarta – Medan. Pembukaan rute ini merupakan wujud komitmen kami dalam menciptakan pasar baru dan menghadirkan konektivitas terbaik di tanah air. Kini, pelanggan AirAsia yang berada di Medan maupun di Yogyakarta dapat terbang langsung tanpa harus transit di Jakarta sehingga kami berharap penerbangan ini dapat semakin mengakomodir konektivitas udara yang lebih efisien, disamping turut berkontribusi dalam meningkatkan aktivitas komersial antar dua kota besar tersebut.”

Kemeriahan menghiasi suasana penerbangan perdana rute Medan – Yogyakarta yang ditempuh selama 2 jam 45 menit. Di ketinggian 35.000 kaki, Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko yang turut serta dalam penerbangan perdana tersebut ikut memeriahkan acara melalui pembagian Travel Treats Snack Bag kepada seluruh penumpang Medan – Yogyakarta. Selain itu, Tune Insure AirAsia Travel Protection pun turut mendukung perayaan penerbangan perdana Medan – Yogyakarta melalui pembagian koper American Tourister eksklusif secara gratis khusus semua penumpang yang membeli produk layanan tambahan, Tune INSURE AirAsia Travel Protection.

Adapun Tune Insure AirAsia Travel Protection merupakan produk tambahan layanan penumpang yang menawarkan asuransi perlindungan perjalanan dengan beragam manfaat kompensasi seperti kehilangan dan/atau kerusakan bagasi serta manfaat yang lain nya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi www.airasiainsure.com.

Tidak hanya di Medan, perayaan penerbangan perdana Yogyakarta – Medan pun dilakukan meriah di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta pagi tadi melalui pembagian cinderamata eksklusif AirAsia yang dibagikan langsung oleh Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko kepada seluruh penumpang sesaat sebelum menaiki pesawat.

“Kami sungguh senang melihat antusiasme penumpang yang ikut pada perayaan penerbangan perdana Medan – Yogyakarta maupun Yogyakarta – Medan hari ini. Sebagai maskapai penerbangan dengan konsep branding yang fun dan friendly, kami tentunya berupaya untuk terus berinovasi menghadirkan sebuah pengalaman penerbangan tak terlupakan dan salah satunya adalah melalui aktivitas – aktivitas unik dimana kami mengajak seluruh penumpang untuk saling berinteraksi dan berbagi keceriaan, sehingga membuat perjalanan udara semakin menyenangkan,” tambah Sunu.

AirAsia Indonesia saat ini mengoperasikan 119 penerbangan per minggu dari hub Medan ke beragam destinasi seperti Jakarta (25x seminggu), Yogyakarta (1x sehari), Kuala Lumpur (7x sehari), Penang (31x seminggu), dan Bangkok (1x sehari). Selama periode Januari – September 2014 AirAsia Indonesia telah menerbangkan sebanyak 920.738 penumpang dari hub Medan, meningkat sebesar 41% dari 653.593 penumpang selama periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan dari Yogyakarta, AirAsia telah melayani sebanyak 74 penerbangan per minggu dari Yogyakarta yang melayani 3 rute domestik menuju Jakarta (28x per minggu), Medan (7x per minggu) dan Bali (14x per minggu) dan 1 rute internasional menuju Singapura (7x per minggu) dioperasikan oleh AirAsia Indonesia (QZ) sedangkan AirAsia Malaysia (AK) melayani 2 rute internasional menuju Kuala Lumpur (14x per minggu), dan Johor Bahru (4x minggu). Adapun selama tahun 2013, AirAsia telah mengangkut sebanyak 711.632 penumpang dari Yogyakarta atau meningkat sebesar 28% dibandingkan tahun sebelumnya 2012 sebanyak 556.441 penumpang.

AirAsia Indonesia adalah maskapai afiliasi Grup AirAsia yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia. Grup AirAsia berhasil mempertahankan predikat sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik di dunia (World’s Best Low Cost Airline) dan maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik di Asia (Asia’s Best Low Cost Airline) selama 6 tahun berturut-turut, setelah menerima dua penghargaan tersebut dalam acara penganugerahan World Airline Awards 2014 yang berlangsung pada 15 Juli 2014 di Farnborough Air Show, London, Inggris.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aktivitas penerbangan perdana Medan – Yogyakarta – Medan, jadwal rute, aktivitas promosi, dan lain-lain silahkan kunjungi www.airasia.com atau ikuti kami melalui akun Twitter (www.twitter.com/AirAsiaID ) dan akun Facebook (www.facebook.com/AirAsiaIndonesia ). (ro)