24/09/2020

Jadikan yang Terdepan

“Seasons of Solidarity” di Surabaya

“Seasons of Solidarity” di Surabaya* Program hijau bersih: upaya aktif untuk cegah penyakit dan tingkatkan kesehatan masyarakat

Surabaya, KabarGress.Com – Sanofi Group Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FKUA) dan RSUD Dr. Soetomo menggelar acara Corporate Social Responsibility (CSR) bertema “Season of Solidarity” bagi masyarakat Surabaya. Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat dilakukan sebagai perwujudan dari 4 pilar CSR Sanofi, yakni: PATIENT, PEOPLE, PLANET, dan ETHICS.

Eric Ng, Presiden Direktur Sanofi Group Indonesia mengemukakan, “Sanofi berkomitmen untuk terlibat secara aktif dalam upaya meningkatkan kesehatan, salah satunya kami terjemahkan melalui rangkaian kegiatan CSR dengan memberikan edukasi mengenai penyakit serta pencegahannya. Secara global, Sanofi memiliki sebuah divisi khusus CSR yang bertugas untuk mengkoordinasikan tindakan pengembangan berkelanjutan yang didedikasikan untuk keanekaragaman dan penyandang ketidakmampuan fisik, akses terhadap obat-obatan, dan kemitraan dalam bidang kemanusiaan. Di Indonesia, kami berupaya melakukan kegiatan CSR yang berkesinambungan bagi masyarakat dengan bekerjasama dengan mitra-mitra dimana kami beroperasi.”

Hari ini, keempat pilar tersebut dituangkan ke dalam berbagai kegiatan seperti ‘Hijau dan Bersih’, yaitu membersihkan lingkungan di sekitar Rusunawa Tanah Merah, kampanye pengurangan penggunaan tas plastik, pelatihan pengolahan limbah/bahan bekas; ‘Edukasi Kesehatan’ untuk ibu dan anak, serta pemeriksaan kesehatan untuk warga yang meliputi gula darah, pap smear, pemeriksaan katarak dan osteoporosis.

Dalam konferensi pers hari ini, Prof.Dr.dr. Agung Pranoto, MSc.Sp.PD-KEMD, Dekan FKUA mengatakan, “Kami menyambut baik kerjasama program CSR yang diusung oleh Sanofi, karena sejalan dengan program pengabdian masyarakat FKUA sebagai bagian dari perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu bentuk pengabdian masyarakat kami wujudkan dengan cara aktif menjaga lingkungan dalam upaya menjaga kesehatan karena kami menyadari bahwa penyakit dapat dicegah dengan cara menjaga lingkungan. Secara konsisten kami mengusung konsep green kampus dan telah mendapat apresiasi dengan meraih peringkat 1 ECO Campus Surabaya atas prestasi kami dalam menjaga lingkungan kampus tetap hijau. Selain itu, di tingkat Nasional kami juga berhasil meraih Indonesia Green Award (IGA) 2014 sebagai salah satu institusi yang telah melakukan upaya luar biasa melalui berbagai program penyelamatan bumi.“

Dr. Agung menambahkan, “Selain kegiatan berbasis lingkungan kami juga melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial seperti yang dilakukan antara lain kegiatan peringatan Pendidikan Satu Abad Pendidikan Dokter di FK-UNAIR dimana kami mengadakan kegiatan bakti sosial, sunatan masal, operasi katarak, edukasi ke masyarakat tentang pencegahan diabetes, dan masih banyak lagi. Di masa depan kami akan lebih aktif lagi melakukan berbagai kegiatan yang sesuai dengan visi dan misi FKUA.”

Pada kesempatan yang sama, dr. Dodo Anondo, MPH, Direktur RSUD Dr. Soetomo, menyatakan, “RSUD Dr. Soetomo sejak lama aktif berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat diantaranya mendukung didirikannya rumah singgah oleh Yayasan Kanker Indonesia Jatim, sehingga mempermudah pasien kanker yang berobat di RSUD Dr. Soetomo, melakukan penyuluhan HIV AIDS di berbagai Puskesmas, melakukan pengawasan minum obat pada pasien TB bekerjasama dengan Aisyah-organisasi wanita Muhammadiyah, menyumbang bantuan tenaga ahli untuk operasi kembar siam di seluruh Indonesia, memajukan pelayanan thalasemia pada pasien anak, memajukan penelitian obat dengan bahan herbal serta secara kontinyu melakukan donor darah. Oleh karena itu kami turut mengapresiasi secara positif kerja sama dengan Sanofi, kami berharap kerja-sama ini akan dikerjakan secara berkelanjutan di masa depan.”

Lebih lanjut, dr. Dodo mengatakan, “RSUD Dr. Soetomo juga telah berhasil meraih akreditasi sebagai RSUD paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) atas kerja keras kami dalam meningkatkan pelayanan serta melakukan berbagai kegiatan pengabdian ke masyarakat. Ke depannya, kami berharap masyarakat dapat lebih percaya terhadap sistem rujukan pelayanan masyarakat yang sudah berjalan selama ini sehingga RSUD menjadi rujukan terakhir di Surabaya.

Sebagai kegiatan pembuka, sebelumnya telah dilangsungkan pula kegiatan donor darah pada tanggal 13 – 18 Oktober 2014, yang dilakukan di RSU Dr. Soetomo dan Puskesmas Tanah Kali Kedinding,serta diikuti oleh lebih dari 100 orang karyawan Sanofi Group Indonesia di Surabaya, perwakilan dari FK UNAIR, serta masyarakat umum. (ro)