24/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Lewat Gerakan “Tunjukkan Double Actionmu!”, Himbau Masyarakat untuk Membantu Menjaga Stamina Guru

Miss Earth Indonesia 2013, Nita SofianiLewat Gerakan “Tunjukkan Double Actionmu!”, Himbau Masyarakat untuk Membantu Menjaga Stamina Guru* Bayer Redoxon bersama Miss Earth Indonesia dan Gerakan Indonesia Berkibar menyerahkan paket Redoxon ke Guru

Jakarta, KabarGress.Com – Hari ini, bertempat di SDN Karet Tengsin 01 Pagi, Miss Earth Indonesia 2013, Nita Sofiani, bersama dengan Gerakan Indonesia Berkibar (GIB) secara simbolis menyerahkan Redoxon kepada tenaga pengajar dan tenaga administrasi yang bekerja di sekolah tersebut. Kegiatan ini merupakan kesinambungan dari Gerakan “Tunjukkan Double Action-mu!” yang digagas oleh Bayer berkolaborasi dengan Gerakan Indonesia Berkibar dan Komunitas 1000 Guru.

Kegiatan lanjutan kali ini menekankan akan perjuangan tenaga pengajar terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Dimana secara garis besar tujuan akan Gerakan “Tunjukkan Double Action-mu!” menitikberatkan akan perhatian Bayer terhadap kondisi fisik  para guru  yang membutuhkan perlindungan tubuh lebih banyak agar mereka mampu menjalankan tanggung jawab mereka terhadap anak didiknya.

Tidak perlu jauh-jauh untuk melihat sosok guru berdedikasi tinggi yang memperjuangkan kelangsungan kegiatan belajar mengajar. SDN Karet Tengsin 01 Pagi adalah salah satunya yang sudah sejak lama berkutat dalam permasalahan pembebasan lahan. Perjuangan mereka, tidak bisa dipungkiri, merupakan perjuangan yang membutuhkan kolaborasi antara semua pihak sekolah. Sosok guru memainkan peran penting dalam mempertahankan keberadaan sekolah.

“Permasalahan utama yang kami hadapi adalah pembebasan lahan tanah yang banyak diperebutkan oleh pihak-pihak swasta. Bertahun-tahun kami mencoba mencari titik terang, baru di tahun 2012, kami mendapatkan sertifikat tanah yang menyatakan bahwa lahan tersebut adalah milik negara sehingga sekolah ini dapat terus beroperasi,” ujar Rukdi, Kepala Sekolah SDN Karet Tengsin 01 Pagi.

Dua bulan lalu, akhirnya suara dari Kepala Sekolah beserta salah satu guru yang giat memperjuangkan, didengar serta direspon oleh Pemerintah DKI Jakarta. Hingga Plt Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama secara langsung mendatangi SDN Karet Tengsin 01 Pagi dan akan mengeluarkan blueprint bahwa lahan tersebut adalah lahan negara dan bukan lahan pihak swasta.

“Melihat kondisi tersebut, saya kemudian tergerak untuk mendukung gerakan “Tunjukkan Double Actionmu!”, karena gerakan ini membuat saya teringat pada guru-guru yang dulu pernah mendidik saya di bangku sekolah di Bandung”, ujar Miss Earth Indonesia 2013, Nita Sofiani. “Tanpa guru yang telah memperjuangkan hak-hak anak didiknya sehingga mereka memperoleh pendidikan yang layak, tidak satupun dari kita akan bisa menjadi sosok yang membanggakan seperti sekarang ini.

“Yang bisa saya lakukan adalah berpartisipasi serta menyebarluaskan gerakan ini. Cara berpartisipasinya cukup mudah. Hanya dengan mengunjungi situs LivingSocial, masuk ke kanal doubleaction lalu membeli Redoxon dengan harga lebih terjangkau dari yang biasanya,” tambah Nita.

GIB sebagai pihak yang juga turut berpartisipasi dalam gerakan ini, akan mendistribusikan paket Redoxon yang telah terkumpul kepada guru-guru di Indonesia. GIB akan menyeleksi sekolah mana yang membutuhkan perhatian lebih dan secara langsung memberikan paket Redoxon yang terkumpul selama masa periode gerakan berlangsung.

“Walaupun permasalahan yang terkait tentang standar kelayakan pendidikan banyak terjadi di daerah perbatasan, namun permasalahan tersebut terkadang juga ditemukan di sekitar kota besar yang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah maupun pihak swasta. Mempertimbangkan akar permasalahan tersebut, kami ingin terus melakukan kegiatan-kegiatan yang fokus terhadap peningkatan kualitas pendidikan,” jelas Muhammad Farhan, Ketua GIB.

Lewat gerakan “Tunjukkan Double Actionmu!”, sejumlah paket Redoxon telah siap untuk dikirimkan kepada guru-guru Indonesia yang dibeli oleh konsumen melalui situs belanja online http://www.livingsocial.com/doubleaction dan didonasikan kepada GIB dan Komunitas 1000 Guru untuk disalurkan. Besarnya animo konsumen dalam memberikan perhatian bagi guru-guru Indonesia membuat Redoxon memperpanjang periode pelaksanaan Gerakan “Tunjukkan Double Action-mu!”, yang semula dicanangkan hingga 8 Oktober 2014, menjadi sampai 22 Oktober 2014.

“Kami berterima kasih secara khusus kepada Nita Sofiani, Miss Earth Indonesia 2013, serta teman-teman dari GIB atas kepedulian tulusnya terhadap guru dan partisipasinya dalam menyukseskan gerakan ini. Semoga apa yang menjadi tujuan kita dari awal, yaitu mengingatkan pentingnya peran guru bagi kelangsungan pendidikan anak didiknya, akan tercapai. Mari kita dukung semangat kepedulian terhadap guru dengan berpartisipasi dalam gerakan ini,” ujar Anton Susanto, Head of Communication Bayer Indonesia. (ro)

Teks foto: Acara Bayer Science for A Better Life Media Engagement dimeriahkan oleh penampilan angklung dari siswa-siswi SDN Karet Tengsin 01 Pagi. Tampak pada foto pengisi acara berfoto bersama Miss Earth Indonesia 2013 Nita Sofiani; Ketua Gerakan Indonesia Berkibar, Muhammad Farhan; Kepala Sekolah SDN Karet Tengsin 01 Pagi Bapak Rukdi dan Guru SDN Karet Tengsin 01 Pagi Bapak Luky.