03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

3.800 Stand Pasar Turi Baru Siap Operasional

Surabaya, KabarGress.Com – Sebanyak 3800 stand di Pasar Turi Baru sudah selesai pengerjaannya dan siap diserahkan kepada para pedagang untuk ditempati. Hal ini dikatakan Direktur Operasional PT Gala Bumi Perkasa, Jamhadi disela-sela acara tasyakuran pedagang Pasar Turi Baru memasuki kios, Jumat (10/10/2014). “Hari ini sudah bisa  diserahkan sebanyak 3800 stand kepada para pedagang. Dengan begitu sekarang bisa memulai aktifitas perdagangan. Kami berharap saling support sehingga  pasar turi kembali bisa menjadi ikon Surabaya,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Dirut. PT Gala Bumi Perkasa Henry J Gunawan, CEO PT Gala Bumi Perkasa, James Baster serta para pedagang yang akan memasuki standnya. Dipaparkan Jamhadi, sekarang ini Pasar Turi bukan lagi tempat berdagang seperti pasar  tradisional. Kondisinya layaknya pasar modern.

“Fasilitas di dalam pasar  full ac dan escalator sudah trial. Namun  menunggu beberapa saat lagi agar lebih nyaman. Lantai memakai granit. Jadi kami harap para pedagang juga merubah pola perdagangannya,” jelasnya.

Selain itu, saat ini Pasar Turi Baru juga dilengkapi esxalator berjumlah 54 unit. Sedangkan yang dulu sebanyak 26 unit. Tidak hanya itu, juga dipasang lift yang memudahkan pengunjung untuk berbelanja. Sedangkan lahan parkir mampu menampung sekitar 14 ribu kendaraan roda 4 dan 6.000 kendaraan roda 2.

Terkait keamanan utamanya dalam hal kebakaran, Humas Pasar Turi Baru, Adhy Samsetyo  menandaskan, bahwa pihaknya dengan cermat telah mengatur hal itu. “PMK bisa mengitari seluruh gedung sehingga lebih aman. Bila ada asap maka PMK-nya langsung bisa  terhubung dan hydrant juga tersedia,” tuturnya.

Sedangkan Khoping, Wakil Ketua Tim Pemulihan Pasca Kebakaran (TPPK) mengucapkan berterimakasih kepada pihak PT Gala Bumi Perkasa.

“Harapan masyarakat masih besar terhadap pasar turi. Sukses harus ada kerjasama  yang bagus dengan pedagang. Kami berharap semua pihak terlibat. Pasar turi satu contoh perdagangan di Indonesia dan Asia Tenggara,” ujar pria yang juga pedagang di Pasar Turi ini.

Dituturkan Kho Ping, pihaknya berharap Pasar Turi Baru lebih ramai dari yang dulu. Ini membuktikan ada niatan  baik dari pengembang.”Ke depannya kita minta pedagang lebih maju. Saya sangat bangga dengan pasar turi ini,” tambahnya.

Ditambahkan Kho Ping, pihaknya memint kepada walikota untuk tidak mengeluarkan statement yang membingungkan para pedagang. “Walikota jangan asal statement, utamanya ambil alih. Itu justru meresahkan pedagang dan ngawur. Walikota harus memahami isi perjanjian,” tandasnya.

Dalam acara tasyakuran juga dihadirkan Kyai Hasan Basri dari PITI Surabaya untuk memberikan siraman rohani. Diharapkan Pasar Turi Baru bisa menjadi contoh untuk pasar yang lainnya.

“Semoga Pasar Turi Baru tambah jaya dan semakin ramai. Pedagangnya juga semakin banyak untungnya,” ujarnya. (tur)