03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Gubernur Jatim: Jatim Fair 2014 Ajang Pamer Produk UKM Jatim Songsong MEA 2015

gub dan wagub jatim meninjau stan stan di jatim fair 2014 (2)Surabaya, KabarGress.Com – Jatim Fair tahun 2014 menjadi ajang pamer produk-produk usaha kecil menengah (UKM) Jatim menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Demikian disampaikan Gubernur Jatim saat membuka Jatim Fair 2014 dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-69 Prov Jatim dengan tema “Jatim Fair 2014 sebagai Pintu Gerbang MEA Menuju Jatim yang Berdaya Saing Mandiri dan Sejahtera di Halaman Grand City Mall, Surabaya, Kamis (9/10) malam.

Berlakunya MEA pada tahun 2015, ungkapnya, membuat masyarakat Jatim bersiap agar bisa ambil bagian dalam ajang tersebut. Salah satunya dengan membuat sebanyak mungkin industri kreatif yang mempunyai daya saing kuat. Sehingga nantinya produk Jatim bisa bersaing dengan produk negara lain. “Tentunya, produk dalam negeri harus ditingkatkan kualitas, kuantitas dan tingkat produktifitasnya. Jangan sampai, apabila ada permintaan secara berkelanjutan tidak sanggup memenuhinya. Pasti bakal kalah bersaing dengan negara ASEAN lainnya,“ ucap Pakde Karwo sapaan akrabnya

Ia menuturkan, saat ini masih ada sekitar 266 ribu usaha besar dan menengah dari jumlah keseluruhan sebanyak 6,7 juta yang sudah melakukan perdagangan dengan internasional, bukan hanya ASEAN tapi juga benua lain. Sisanya akan didorong agar bisa go internasional .

Selama enam bulan terakhir, paparnya, nilai transaksi UKM Jatim dengan negara lain mencapai Rp119 triliun. Diharapkan pada akhir tahun angka tersebut menembus Rp230 triliun. ”Dengan nilai transaksi sebanyak itu, baru 266 ribu UKM atau beberapa persen dari jumlah UKM keseluruhan di Jatim yang bekerjasama dengan negara lain.

Bayangkan apabila secara keseluruhan UKM di Jatim bisa mengikuti untuk berdagang dengan Negara lain, maka secara tidak langsung perekonomian Jatim akan maju sangat pesat dan kesejahteraan masyarakatnya akan terungkit pula,” paparnya.

Ia menegaskan, Jatim harus menjadi pemain dan petarung pada MEA 2015 nanti. Salah satu faktor yang bisa membuat Jatim berdaya saing adalah melibatkan anak muda untuk menjadi entrepreneur baru di masa mendatang. Generasi muda memiliki semangat dan inovasi-inovasi baru yang bersifat membangun dan berkembang. Oleh sebab itu, dengan melibatkan anak muda sebagai garda terdepan pembangunan ekonomi sangat penting.

Saat ini, posisi Jatim dalam peta ekonomi Indonesia cukup besar. Jatim menguasai sekitar 31,9 persen pasar dalam negeri khususnya Indonesia wilayah timur. Pasar tersebut bsia berkembang menjadi 40-45 persen apabila anak muda di Jatim terus berinovasi memberikan kemampuan terbaik untuk membantu menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera. “Diharapkan pada tahun 2018 Jatim akan menjadi bagian penggerak generator ekonomi Indonesia dengan menjadikan anak muda sebagai garda terdepannya,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Prov. Jatim. Dr. H. Akhmad Sukardi, MM mengatakan, dibandingkan tahun sebelumnya penyelenggaraan Peringatan HUT Prov. Jatim ke-69 dirasa berbeda. Dimana pada tahun ini, gelar pamer produk unggulan ditampilkan dalam satu wadah yakni Jatim Fair 2014, sangat berbeda ditahun sebelumnya dengan konsep pasar murah.

Pagelaran Jatim Fair 2014 diselenggarakan selama 11 hari, dimulai pada tanggal 9 – 19 Oktober 2014. “Kegiatan ini menjadi sarana penyampaian potensi dan prestasi BUMD maupun pemerintah dan instansi daerah. Langkah ini diharapkan menarik investor yang akan berinvestasi,” ungkapnya.

Jatim Fair 2014 diikuti peserta dari berbagai daerah dan negara. Setidaknya ada sekitar 575 stan. Untuk peserta dari luar negeri diantaranya berasal Jepang, Thailand, Cina, Korea Selatan, Selandia Baru, Belanda, Polandia, dan Perancis. Sedangkan dari daerah lain diantaranya Sumatera Barat, Maluku, Kota Cirebon, Kab. Demak, Kab. Maluku Tenggara, Kab. Magelang, Kalimantan Timur, Kab. Balangan dan Kalimantan Selatan.

Tentunya, pagelaran Jatim Fair 2014 kurang meriah tanpa adanya hiburan music untuk memancing minat para pengunjung. Jatim Fair 2014 akan menampilkan beberapa group band dan artis nasional Raisha, Andra and The Backbone, Glenn Fredly, Endank Soekamti, J’Rock, Shaggy Dog, Tony Q dan Sheila on 7.

Selain Jatim Fair2014 juga dimeriahkan gelar pameran dan unjuk kebolehan para kawula muda bertajuk ”Youth Market” pada 31 Oktober-2 November 2014 di Surabaya serta pesta rakyat dan pentas seni pada 29 Oktober-2 November 2014 di Malang. Semua kegiatan tersebut persiapan Jawa Timur masuk ke AEC. (eri)

Teks foto: Gubernur Jatim, Pakde Karwo beserta Wagub Jatim, Gus Ipul, meninjau stand-stand Jatim Fair 2014.