Dewan Minta Pemkot Sosialisasi Terkait Proyek AMC

armujiSurabaya, KabarGress.Com – Ketua DPRD Surabaya, Armuji, meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan sosialisasi kepada anggota dewan dalam pembangunan proyek Angkutan Masal Cepat (AMC). Sebab, bagaimanapun program pemerintah nantinya, pasti nanti melalui dewan dulu.

Politisi asal fraksi PDI-P ini menyatakan, memang rencana pemkot cukup bagus. Namun, seharusnya pemkot harus mengkaji terlebih dahulu. Artinya, sudah pernah melakukan study kelayakan dan harus mensosialisasikan kepada anggota DPRD Surabaya. Agar anggota dewan bisa memberikan jawaban jika ada pertanyaan dari masyarakat.

“Kita sama sekali belum tahu tentang pembangunan AMC ini. Entah itu dari investor atau dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Kita hanya menerima informasinya saja, tapi kita belum tahu pastinya bagaimana proses pembangunan itu nantinya kami belum tahu,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, jangan ada yang dirahasiakan dalam pembangunan proyek AMC ini. Sebab, jika suatu saat ada pertanyaan dari masyarakat anggota legislatif mampu untuk menjelaskan proyek ini. Pasalnya, kalau sampai tidak tahu hal ini akan menjadi aneh di mata masyarakat nantinya.

“Masak ditanya masyarakat kami tidak mampu njawab. Makanya saya menghimbau kepada pemerintah kota, agar pemkot melakukan sosialisasi supaya kami tahu bagaimana prosesnya nanti. Apakah bekerjasama dengan PT. KAI atau APBD murni kami tidak tahu. Kan seharusnya kami harus tahu hal ini. Kami mendukung kok sebenarnya progam pemkot ini,” himbaunya.

Bahkan, saat ditanya sejumlah media terkait jalur mana yang akan dilalui proyek AMC ini, politisi yang pernah menjabat ketua DPRD Surabaya periode 1999-2004 ini, mengaku sama sekali tidak tahu. Dirinya, hanya berharap dengan adanya moda transportasi ini kota Surabaya semakin berkembang.

“Yang penting jangan sampai menabrak bangunan yang kiranya membutuhkan suatu pembebasan lahan yang mahal. Nanti jalur manakah yang akan dilalui kami tidak tahu. Yang penting bisa efektif dan tidak malah semakin menimbulkan kemacetan di Surabaya,” tegasnya. (adv/tur)

Teks foto: Ketua DPRD Surabaya, Armuji.

Leave a Reply


*