20/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Pemkot Terus Matangkan Pembangunan AMC

Surabaya, KabarGress.Com – Rencana pembangunan Angkutan Massa Cepat (AMC) berupa trem terus dimatangkan pemerintah kota (pemkot) Surabaya. Walikota Surabaya tri Rismaharini mengungkapkan, pekan ini akan dilakukan pemeriksaan lahan antara PT KAI dengan Pemkot Surabaya. “Minggu ini direncanakan ada pemeriksaan lahan untuk trem,” sebut Tri Rismaharini.

Sementara terkait rencana gorundbreaking yang dijadwalkan pada tengah bulan, walikota memastikan agenda tersebut tidak akan meleset. Karena dalam kegiatan itu, pihaknya juga melibatkan PT KAI. “Itu kan lahannya KAI. Jadi ya terserah mereka. Kalau untuk AMC berupa monorel kita masih menunggu pemerintahan baru,” jelasnya.

Sementara untuk pembangunan frontage road (FR), Risma mengaku untuk pembebasan lahan di depan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) serta SMA Veterania sudah selesai. “Sekarang tinggal Polda yang belum. Tapi kita sudah kirim surat ke sana,” terang mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) ini.

Menurut Risma, beberapa lahan di sekitar Polda Jatium, yang akan dibebesakan adalah RSUD Bhayangkara, SMA Bhayangkari serta asrama polisi. Untuk teknisnya, kedua belah pihak nanti akan saling menghibahkan satu sama lain. “Karena antar pemerintahan, nanti namanya saling menghibahkan. Tanah tanah pemkot yang ditempati kantor Polsek nanti juga akan dihibahkan,” terang Risma panjang lebar.

Tidak hanya itu, dalam proses hibah nantinya pemerintah kota juga tidak akan melibatkan anggota DPRD Surabaya. sesuai aturan, pihaknya cukup memberitahukan kepada para anggota dewan yang ada di Jalan Yos Sudarso. (tur)