20/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Presiden SBY Bangga Alutsista TNI Berkembang Secara Moderen

Pakde KarwoSurabaya, KabarGress.com – Presiden SBY bangga terhadap Sistem Alat Umum Sistem Persenjataan (Alutsista) dari TNI yang telah tumbuh dan berkembang secara modern. “Terus terang, saya atas nama masyarakat Indonesia menyatakan bangga dan kagum atas kemajuan TNI khususnya sistem Alutista yang tumbuh berkembang secara modern. TNI telah mengembalikan jati diri untuk terus menjaga kedaulatan banga,” ujarnya pada saat memberikan sambutan Pada Peringatan HUT TNI ke-69 di Mako Armatim, Selasa, (7/10).

Presiden SBY mengatakan, telah banyak kemajuan membanggakan yang telah dicapai oleh TNI selama sepuluh tahun terakhir sejak awal pemerintahannya.  Saat ini persenjataan TNI telah jauh berubah dan berkembang seiring dengan kebutuhan akan modernisasi Alutsista. “Postur pertahanan TNI saat ini semakin kokoh. Jumlah alutsista semakin bertambah dan modern ditambah dengan kinerja TNI yang semakin profesional,” ujarnya.

Dalam amanatnya, SBY juga menegaskan, bahwa pemerintah terus meningkatkan postur pertahanan dan modernisasi Alutsista dalam upaya peningkatan kemampuan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara. Selama awal pemerintahan, kebijakan pertahanan ditujukan untuk pengisian celah kebutuhan penggantian Alutsista yang sudah tidak berfungsi.

Selama periode tersebut, SBY ingin mendorong sinergitas keterpaduan alutista antara kekuatan TNI AL, AU dan AD. Pada periode pemerintahan 2009-2014 ini, pemerintah fokus untuk menambah jumlah dan modernitas alutsista untuk dapat menjaga kedaulatan NKRI lebih baik lagi.

Selain itu, reformasi TNI telah menunjukkan hasil nyata dengan kembali kepada Jati diri dan fungsinya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo terlihat sangat bangga dan kagum sebagai warga negara Indonesia karena Alat Utama Sistem Persenjataan TNI selama 10 tahun pemerintahan Presiden SBY telah tumbuh berkembang secara maju, canggih dan modern.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jatim hadir lengkap menggenakan setelan jas hitam dan baret penghargaan dari Presiden. Sementara, Gus Ipul Wagub Jatim mengenakkan setelan jas dan berkopyah hitam.

Pada defile pasukan TNI menampilkan sebanyak 18.580 prajurit dari TNI AL, AU dan AD menampilkan keunggulan masing masing. TNI AD mengerahkan 192 Alutsista yang terdiri dari 22 Tank Leopard, 22 Tank Marder, 13 Panser Tarantulla, 13 Tank Scorpio, 6 Meriam 155 MM Caesar dan 43 Pesawat. Dalam defilenya TNI AL memamerkan 195 alutsista berupa 35 KRI, 10 LVT-7, 6 BVP-2, 26 BMP 3F1, 4 RM70 Grad dan 23 Pesawat. Sedangkan TNI AU mengerahkan 139 pesawat seperti 12 Sukhoi  Su 27/30 Flanker, 3 F5 Tiger, 10 F-16 Fighting Falcon, 12 Hawk 109/209, 3emb 314 super Tucano, 1 C130 Tanker dan 3 Boing 737.

Penambahan Alutsista yang telah dilaksanakan antara lain jenis tank tempur utama kendaraan tempur, meriam, rudal pertahanan udara, rudal antitank, heli angkut, heli serbu dan heli serang beserta amunisinya.

HUT TNI ke-69 ini juga dimanfaatkan Presiden SBY untuk berpamitan kepada prajurit hingga jenderal di jajaran TNI. SBY berharap ke depan TNI bisa ditakuti lawan dan disegani oleh kawan. “Saya berharap agar prajurit terus meningkatkan kemampuan profesionalitas dan kesiapsiagaan dimanapun kalian bertugas. Jaga terus kehormatan kita, pegang teguh amanah Sapta Marga. Jadilah tentara yang dicintai oleh rakyat demi kehormatan bangsa dan negara,” tutupnya. (eri)