22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Dukung HUT TNI ke-69, Bandar Udara Tutup Sementara

Dukung HUT TNI ke-69, Bandar Udara Tutup SementaraSurabaya, KabarGress.Com – Menyusul agenda peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 69 tahun 2014, aktifitas bandar udara internasional Juanda relatif sepi dibandingkan dengan hari-hari biasa. Hal itu menyusul ditundanya sebagian penerbangan baik domestik maupun internasional, pada jam 10.00 – 14.00 Wib.

Penundaan penerbangan baik take off maupun landing tersebut, dikarenakan pada jam-jam tersebut, landasan pacu pesawat akan digunakan oleh pesawat militer TNI. Suasana tempat tunggu bandara hingga lokasi penukaran tiket pesawat tampak sepi, bahkan cenderung tidak ada aktifitas.

Terminal Inspektur Bandara Juanda Surabaya, Mardi Budoyo, menjelaskan aktifitas penerbangan komersil akan ditunda sementara sekitar empat jam. Mulai ditutup pada pukul 10.00 wib dan akan kembali memulai penerbangan komersil pada pukul 14.00 wib. Hal itu berlaku baik terminal 1 maupun terminal 2.

“Jam 10 sampai jam 11.41 itu khusus untuk kegiatan militer. Terus jam 11.41 sampai jam 12.30 itu ada pergerakan hanya boleh enam pergerakan pesawat. Ini pesawat apa belum tahu. Terus jam 12.30 sampai jam 13.30 local time, itu khusus untuk kedatangan pesawat militer,” ungkap Mardi, Selasa (7/10/2014).

Diakui Mardi, pihak yang paling repot dengan kegiatan HUT TNI ini adalah maskapai, meski demikian mereka juga sudah melakukan sosialisasi jauh jauh hari sebelumnya kepada para calon penumpang atas situasi tersebut. Mardi juga mengungkapkan, saat ini calaon penumpang juga tidak ada gejolak, karena sebagian besar menjadwal ulang penerbangan. (ro)