22/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul: Lukisan Dinginkan Hati dari Kegaduhan Politik

wagub jatim menyerahkan piagam penghargaan kpd sponsor penyelengara pameranSurabaya, KabarGress.Com – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf mengatakan, bahwa kesenian adalah salah satu alat utama didalam mendinginkan hati dan suasana di tengah kegaduhan politik di Indonesia. Hal tersebut disampaikannya saat membuka Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) tanggal 3-12 Oktober 2014 di JX International, Surabaya Jumat (3/10) malam.

Ia mengatakan, setiap masalah yang dihadapi oleh manusia seusai menjalankan aktifitas terutama yang berkaitan dengan politik akan menjadi dingin setelah melihat lukisan. Lukisan merupakan karya yang disajikan melalui keindahan dari goresan tinta dan cat warna. Dengan melihat lukisan pula, membuat hati menjadi tenang dan tentram. “Istilahnya, setelah melihat lukisan hati menjadi adem, ayem, dingin karena melihat berbagai macam karya yang hebat dan artistik,” terangnya.

Menurutnya, perkembangan politik di Indonesia semakin hari menunjukkan kedewasaan. Meskipun suasananya ramai dan gaduh di tengah hiruk pikuk akibat pesta demokrasi, masyarakat sudah dapat berpolitik dengan baik.

Ia menilai, saat ini politik di Indonesia mengalami kristalisasi diantara dua kekuatan politik yang ada. Kristalisasi kekuatan politik seperti inilah yang memudahkan masyarakat untuk melihat kualitas wakil rakyatnya dalam pengambilan keputusan.

wagub meninjau salah satu stand pasar seni lukis ind“Jika wakil rakyat mengambil keputusan secara baik maka akan diikuti. Namun, sebaliknya jika pengambilan keputusan dilakukan secara tidak demokratis maka akan ditinggalkan. Karena itu, hanya dengan lukisan, pikiran manusia bisa kembali jernih dari kegaduhan politik di Indonesia,” imbuhnya.

Gus Ipul sangat mengapresiasi PSLI, karena telah memberikan wadah sekaligus panggung bagi seniman pelukis di seluruh tanah air. Berkat tangan pelukis juga, industri kreatif di Indonesia khususnya Jatim berkembang pesat.

Ketua Penyelenggara M. Anis mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan wadah dalam berkarya bagi seniman khususnya pelukis. “Kami hanya berharap pelukis Indonesia untuk terus berkembang menghasilkan karya-karya terbaiknya,” tegasnya.

Dihadapan Gus Ipul, Cak Anis panggilan akrabnya kembali menambahkan, pada PSLI ini juga diluncurkan website www.pasarsenilukis.com yang akan memberikan wadah dan tempat kepada pelukis melalui gambar untuk di ekspose melalui internet.

“Kami akan berusaha untuk membantu menjualkan hasil karya pelukis se-Indonesia dengan mengunduh dan menguploadnya di Internet. Harapannya adalah seniman yang memiliki karya lukis bisa saling berdagang dengan dibantu oleh website dari kami,” pungkasnya yang di beri aplaus oleh sekitar 230 pelukis, 171 stand dengan total karya lukisan sebanyak 300 lukisan. (eri)