23/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Sekda Prov Jatim: Dharma Wanita Harus Tanamkan Keimanan yang Kuat pada Remaja

Sekda Prov Jatim- Dharma Wanita Harus Tanamkan Keimanan yang Kuat pada RemajaSurabaya, KabarGress.com – Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) harus menanamkan keimanan yang kuat/agama pada putera-puterinya yang beranjak remaja supaya mengetahui batas-batas daerah terlarang. Pesan itu dikemukakan Sekda Prov Jatim Dr. H. Akhmad Sukardi, MM pada pembukaan Seminar Generasi berencana (GenRe) dan Pelatihan Membuat DimSum, di ruang rapatBhinaloka Kantor Gubernur Jatim, Jl Pahlawan no 110 Surabaya, Kamis (2/10).

Menurut Sekda, hal yang membuat ibu bahagia bukanlah harta melainkan akhlak seorang anak yang mulia. Oleh karena itu keimanan harus ditanamkan supaya para remaja berperilaku sehat dan berakhlak.

Remaja perlu diberi pengetahuan yang memdai berkaitan dengan kesehatan, untuk itu diperlukan komunikasi, tapi perlu diingat jika ingin memberi pengetahuan kepada putera-puterinya harus dengan hati-hati karena remaja masa transisi dari anak-anak beranjak ke dewasa.

Remaja patut mendapatkan perhatian khusus, sebab masa depan bangsa ada ditangan mereka, maka dari ituperlu diselamatkan masa depannya. Diantaranya melalui pengenalan GenRe ( Generasi Berencana ) melalui DWPsebagai sarana menyampaikan pesan-pesan KB dan untuk menggalang peranserta remaja.

“Melalui Seminar ini diharapkan ibu-ibu dapat memahami Genre selanjutnya meneruskan informasinyakepada putera-puterinya yang sudah remaja, sehingga mengerti pentingnya program KB khususnya dalam hal hak reproduksi secara bertanggung jawab. Semua inimenyiapkan remaja menjadi Generasi Berencana yang berkarakter, generasi sehat, bebas dari pengaruh narkoba, seks bebas dan HIV /AIDS juga sebagai generasi yang mampu merencanakan kehidupanya,” Jelas Sekda.

Sementara itu, Ketua DWP Prov Jatim Ny.Hj.Chairani Yuliati Akhmad Sukardi, S.Sos dalam sambutan tertulis yang dibacakan wakil kektua Ny. Hj Ninik Sukardo, S.Sos  mengatakan, tujuan organisasi DWP adalah mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui tiga bidang yakni bidang pendidikan, ekonomi dan bidang sosial budaya. Ketiga bidang tersebut semuanya akan bermuara mewujudkan kesejahteraan anggota.

Dengan berpedoman pada visi, misi dan tujuan organisasi, Pengurus DWP Provinsi Jatim dalam upaya membina dan meningkatkan kesejahteraan anggota,  menyelenggarakan Seminar Generasi Berencana. Untuk mensosialisasikan kepada seluruh generasi muda agar tidak melakukan pergaulan bebas, menggunakan narkoba, dan ikut mencegah meluasnya penularan HIV/ Aids.

“Sosok seorang Ibu bisa dikategorikan sebagai  pahlawan tanpa tanda jasa. Karena berkat asuhan, didikan dan kasih sayang seorang ibu yang baik akan membentuk generasi anak yang sehat dan cerdas, yang akan melanjutkan pembangunan bangsa,” ujarnya.

Ketua panitia Ny. Gentur Prihantono mengatakan, kegiatan ini merupakan realisasi program kerja DWP provinsiJatim khususnya bidang Sosial Budaya dan bidang ekonomi.

Dalam kesempatan ini diselenggarakan pelatihan membuat makanan oriental Dim Sum untuk mengembangkan ekonomi kreatif dan memberikan peluang usaha bagi anggota DWP, yang diharapkan dapat menambah penghasilan. (eri)