03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pemkab Tuban Maksimalkan Peran UMKM Ramaikan Rest Area

* 24 Stand Kuliner Khas Tuban Siap Jamu Pelancong

tuban-1tuban-2tuban-4tuban-5Tuban, KabarGress.Com – Untuk terus meramaikan dan menyemarakan keberdaan Rest Area yang baru diresmikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memaksimalkan peran pengusaha kecil menengah yang membuka usaha di tempat itu.

Kasi Bina Usaha dan Sarana Perdagangan Dinas Perekonomian Pariwasata Pemkab Tuban, Judhi Tresna Safitri, mengatakan sesudah dibuka dan diresmikan 16 September 2014 lalu, keberadaan Rest Area di bekas Terminal Lama Tuban itu, semakin dikenal masyarakat, khususnya para pengguna jalan yang melintas di sepanjang Pantai Utara Jawa Timur.

Dikatakan Judhi, di Rest Area yang luasnya mencapai 1,5 hektar itu, sekarang sudah ada 24 stand kuliner yang menyajikan makanan dan minuman khas Tuban. “Dengan keberadaan stand kuliner ini, diharapkan rest area ini akan semakin ramai pengunjung dan bisa digunakan untuk kegiatan lain selain wisata kuliner, karena lokasinya berada ditepi laut persis,” ujar Judhi, Rabu (01/10/2014).

Menurut Judhi, untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pengusaha kuliner dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menjalankan bisnisnya di Rest Area, Pemkab Tuban juga memberikan beberapa pelatihan pada mereka, diantaranya pelatihan pembuatan marketing online, waralaba, dan pengurusan merek dagang.

“Kami berharap dengan pembekalan yang diberikan, para UMKM bisa semakin berkembang usahanya,” kata Judhi.

Selain itu, Pemkab Tuban juga berharap, dalam enam bulan ke depan sesudah diresmikan, para UMKM yang membuka usaha di Rest Area sudah bisa break event point (BEP), sehingga mereka tidak merugi dan tidak membebani Pemkab Tuban untuk terus melanjutkan usahanya. “Mereka tiap stand kita kenakan biaya sewa stand Rp1 juta 760 ribu tiap tahun, dan kami berharap mereka tetap bisa bertahan dengan beberapa pelatihan yang sudah kami berikan,” jelas Judhi.

Sementara untuk terus meningkatkan aktifitas di Kawasan Rest Area Tuban, Pemkab Tuban juga akan terus menambah beberapa fasilitas di tempat itu, mulai dari lapak pedagang, toilet dan anjungan tunai mandiri dari beberapa bank, diantaranya Bank Jatim, BRI dan BNI 46.

Kasi Bina Usaha dan Sarana Perdagangan Dinas Perekonomian Pariwasata Pemkab Tuban ini mengatakan, beberapa perusahaan BUMN yang beroperasi di Tuban seperti Semen Gresik, Holcim dan beberapa perusahaan eksplorasi minyak dan gas juga sudah dimingta berpartisipasi menyalurkan anggaran CSR mereka untuk meramaikan Rest Area Tuban termasuk menjadi pendamping para pengusaha UMKM yang sedang menrintis usaha mereka di Tuban. (Ro)

Teks foto:

– Kasi Bina Usaha dan Sarana Perdagangan Dinas Perekonomian Pariwasata Pemkab Tuban, Judhi Tresna Safitri.

– Rest Area yang banyak menawarkan kenikmatan kuliner khas Tuban.