30/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Dahlan Iskan Resmikan Gapura Surya Nusantara Surabaya

Dahlan Iskan meninjau para penumpang yang akan berangkat lewat terminal penumpang Gapura Surya NusantaraSurabaya, KabarGress.Com – Menteri BUMN, Dahlan Iskan, meresmikan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (2/10/2014). Terminal ini berkapasitas 4.000 orang penumpang dan ditunjang dua unit garbarata.

“Kami lihat kini semuanya di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara sudah siap untuk melayani masyarakat. Material yang dipilih bagus dan bisa menjawab kebutuhan pasar,” ungkap Dahlan Iskan, di sela-sela Soft Opening Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dari kejauhan, terminal penumpang Gapura Surya Nusantara seperti bahtera yang sedang bersandar di pelabuhan. Dan para pengguna jasa kapal laut dari dan ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya saat ini bisa menikmati fasilitas megah tersebut. “Apalagi terminal penumpang ini dilengkapi dengan garbarata layaknya di bandara internasional. Terminal penumpang yang terdiri atas tiga lantai itu juga memiliki fasilitas berkonsep bangunan modern, ramah lingkungan, dan hemat energi,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto, mengatakan pembangunan terminal penumpang itu membutuhkan investasi hingga Rp160 miliar. Upaya tersebut guna mengantisipasi pertumbuhan jumlah penumpang kapal laut. “Tentunya dengan pembangunan terminal penumpang ini bisa meningkatkan layanan kepada masyarakat,” ujarnya. (ro)