15/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Wow! Robot Dapat Dikendalikan Lewat Android

Berbagai robot yang dipamerkan di SCOMDEX 2014.
Berbagai robot yang dipamerkan di SCOMDEX 2014.
Uni Cycle, efektif di kemacetan.
Uni Cycle, efektif di kemacetan.

Surabaya, KabarGress.Com – Perkembangan teknologi robot memang semakin maju saja. Dalam pameran komputer, handphone dan gadget Scomdex24 yang digelar Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer) kali ini, ada robot-robot dengan teknologi moderen yang benar-benar baru pertama kali dipamerkan. Pamerannya sendiri akan berlangsung 1-5 Oktober 2014.

“Ada Smart Robot pertama di Indonesia yang bisa dikendalikan dengan handphone android apapun. Ia punya kemampuan seperti melompat, menyelam, merayap, dan terbang. Kemampuan robot ini bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari,” ungkap Soenaryo, moderator alat-alat inovatif dan teknologi pada pameran ini, Selasa (30/9/2014).

Menurutnya, teknologi yang dipakai untuk smart robot ini awalnya untuk perang. Di Amerika, teknologi ini dikembangkan 5 tahun lalu oleh tentara untuk peperangan. “Ini sebenarnya mainan, tapi teknologinya sungguhan. Dengan harga Rp1,5 juta robot ini bisa dibeli sebagai barang impor dari Jepang. Dengan batere menyerupai baterai handphone, robot ini bisa tahan operasional 1 jam dengan kecepatan 10 meter/jam,” terangnya.

Kepala Bidang Pameran Apkomindo Jatim, Joko Suntoro, mengatakan selain robot, ada juga teknologi lain yang dipamerkan yakni printer 3D. Printer ini bisa digunakan dengan media printer dan komputer dengan software autocad, menggunakan bahan dasar plastik filament. “Printer ini baru dimulai di Indonesia. Bisa dipakai untuk sektor UKM dan untuk edukasi,” sebutnya.

Teknologi lain selain komputer, handphone dan gadget, yang dipamerkan yaitu Uni Cycle. Berupa satu roda dengan penyeimbang kanan kiri, bisa dijalankan dengan sensor tubuh. “Baterenya dicharge, bisa jalan dengan kecepatan maksimal 30 km/jam. Uni Cycle cocok untuk mengatasi kemacetan di jalan raya. Harganya mulai Rp4,5 jutaan,” ujarnya.

Ditambahkan, pameran ini diikuti 50 peserta dengan target transaksi selama pameran Rp7-10 M. “Aneka ragam gadget keren yang belum pernah ada disini juga kami pamerkan,” imbuhnya. (Ro)