24/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Warga Lupa dan Tidak Tahu Perihal Pasang Bendera Setengah Tiang

Surabaya, KabarGress.Com – Sejumlah warga Surabaya mengaku lupa dan tidak mengetahui jika hari ini ada Surat Edaran (SE), yang meminta peran aktif dan dukungan warga untuk memasang bendera Merah Putih setengah tiang menjelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2014 yang jatuh pada 1 Oktober besok.

”Loh ada apa kok pasang bendera setengah tiang,” ujar Erni, warga Klampis Jaya kepada KabarGress.com, Selasa (30/09/2014). Saat dijelaskan terkait peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Erni baru mengetahuinya. ”Walah..sampai lupa,” katanya.

Warga lainnya, Arie yang tinggal di Jl Tenggilis Mejoyo juga demikian, di deretan rumahnya tidak terlihat bendera Merah Putih yang terpasang. ”Memang ada apa,” katanya.

Usai dijelaskan perihal peringatan Hari Kesakian Pancasila, ia baru tahu. ”Owalah.. gak ono sing eling mas,” (ternyata tidak ada yang ingat),” katanya singkat.

Humas Pemkot Surabaya, M Fikser, menjelaskan surat edaran (SE) walikota terkait pemasangan bendera merah putih setengah tiang tersebut sudah didistribusikan kepada camat hingga lurah serta instansi pemerintah dan swasta. ”Ada surat edaran dan sudah dikirim ke SKPD, instansi pemerintah dan swasta, serta camat hingga lurah,” jelasnya.

Menurutnya surat edaran itu berisi tentang pengibaran bendera setangah tiang dan satu tuang penuh pada peringatan pemberontakan G30S/PKI dan Hari Kesaktian Pancasila. Yakni pada tanggal 30 September mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

“Selanjutnya mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh pada tanggal 1 Oktober 2014 mulai pukul 06.00-18.00 WIB, sebagai peringatan yang kedua yaitu, hari Kesaktian Pancasila,” jelasnya. (tur)