Soal Pilwali Surabaya, Nasdem Koalisi Tanpa Syarat

Vinsensius Awey

Vinsensius Awey

Surabaya, KabarGress.Com – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) nampaknya tetap menerapkan koalisi tanpa syarat jelang Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya. Anggota DPRD Surabaya dari Partai Nasdem, Vinsensius mengatakan jika memang RUU Pilkada langsung jadi dilaksanakan, pihaknya tetap mengusung koalisi tanpa syarat dalam menentukan calon Walikota Surabaya.

Artinya, Vinsensius mengatakan siapapun yang akan dicalonkan oleh Nasdem, tidak ada istilah syarat mahar ataupun sumbangan kepada partai. Pria yang akrab disapa Awey ini menegaskan siapapun figurnya nanti yang berhasil diseleksi, tidak ada pertimbangan punya modal atau tidak, yang penting mau bekerja untuk rakyat.

“Saya tetap menghormati apapun keputusan konstitusi dan menunggu keputusan MK. Tapi jika memang pemilihan tidak langsung, kita (Nasdem) tetap menerapkan koalisi tanpa syarat. Jika memang hasil survei dikehendaki rakyat dan mau bekerja, ya itu yang kita rekom,” kata politisi yang juga menjabat Wakil Sekretaris DPW Nasdem Jatim ini.

Untuk itu, pihaknya mengatakan siapapun figurnya tetap mempunyai peluang yang sama untuk dicalonkan. Untuk itu, sampai saat ini pihaknya masih belum bisa memastikan untuk berkoalisi dengan salah satu partai.

“Yang jelas kita tidak bisa mengusung sendiri karena hanya mendapat dua kursi. Kalaupun nanti berkoalisi, tentunya kita harus mengusung figur yang sama. Pertimbanganya tetap calonya mau bekerja untuk rakyat dan tidak ada syarat menyetor uang atau dana, siapapun figurnya,” tegasnya.

Sementara itu, terkait sosok Walikota Tri Rismaharini, pihaknya mengakui kinerja perempuan yang akrab disapa Risma ini sudah bagus. Meski begitu, Nasdem belum menjamin apakah walikota perempuan pertama di Surabaya akan diusung kembali oleh Nasdem.

“Siapapun bisa, termasuk kemungkinan figur lainya yang dianggap layak. Kita akan melakukan seleksi dan menjaring aspirasi dari masyarakat dan hasilnya diserahkan DPP (Pusat),” katanya. (tur)

Leave a Reply


*