03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Minta HUT Jatim Jadi Miniatur MEA

Pakde Karwo Minta HUT Jatim Jadi Miniatur MEASurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo minta agar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT Jatim) pada Bulan Oktober mendatang dapat menampilkan produk unggulan, khususnya mempersiapkan diri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

“Pada rangkaian HUT Jatim, saya menginginkan agar produk unggulan khususnya barang dari Jatim yang di ekspor bisa ditampilkan. Tujuannya, agar masyarakat mengetahui kesiapan Jatim menghadapi MEA, sehingga HUT Jatim dapat dijadikan miniatur MEA,” tegasnya menanggapi pertanyaan wartawan seusai memberikan arahannya pada Rapat Persiapan HUT Prov. Jatim di Lantai VII Kantor Gubernur Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya, Senin (29/9).

Ia mengatakan, pada rangkaian HUT Prov. Jatim Pemprov Jatim melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan agarmengundang 24 perwakilan dagang serta melibatkan negara Asean untuk terlibat. Selain pameran dagang, juga harus menampilkan produk wisata dan investasi. “Trade, Tourism andInvesment menjadi Jantung dalam menghadapi perdagangan bebas. Masyarakat harus diberi gambaran dalam menghadapi MEA 2015,” jelasnya.

Pakde Karwo sapaan akrabnya menegaskan, bahwa HUT Prov. Jatim menjadi kegiatan strategis dan harus dijadikan sebagai pijakan dalam menghadapi MEA. Dari 6,8 Juta UMKM di Jatim, terdapat 266 ribu UMKM yang mengekspor produknya ke luar negeri. “Sebanyak 266 ribu UMKM akan dikumpulkan, kemudian dicek dan dikumpulkan by name and by addreskemana UMKM tersebut mengekspor serta kepada negara siapa saja UMKM mengekspor. Hal ini bertujuan, untuk mengetahui kualitas dan produksi UMKM tersebut di pasar dalam dan luar negeri. Kelompok ini yang harus dipamerkan dalam pasar menghadapi MEA,” ungkapnya.

Menurutnya, peringatan HUT akan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. HUT Jatim harus menjadi persiapan menghadapi MEA 2015. Jika dahulu, terdapat pasar murah akan tetapi menghadapi MEA kegiatan tersebut akan dirubahdisesuaikan dengan menampilkan produk-produk ekspor yang berkualitas dengan ditempatkan pada kantor dagang maupunExebition di Tunjungan Plasa.

“Kami, ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa produk dari Jatim disenangi dan digunakan oleh negara Asean. Jika masyarakat lebih suka bordir dari produk asing, maka Jatim akan menampilkan bordir yang tidak kalah dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” ujarnya.

Rapat persiapan ini, juga akan mentabulasikan produk unggulan yang akan ditampilkan pada peringatan HUT Prov. Jatim. Ia mencontohkan, banyak masyarakat yang memilihberobat ke luar negeri tanpa mengetahui kualitasnya. Akan tetapi, pada HUT Prov. Jatim Pemprov akan menampilkan kelebihan dan keunggulan produk dari RSUD. dr. Soetomosehingga masyarakat tidak perlu berobat lagi ke luar negeri. “Jangan pergi ke luar negeri, jika di Jatim terdapat RSUD. dr. Soetomo yang secara kualitas dan pelayanannya tidak kalah dengan yang ada di luar negeri. (Eri)