Lantik Pejabat, Sekdaprov Jatim Ingatkan 6 Hal Penting

Lantik Pejabat, Sekdaprov Jatim Ingatkan 6 Hal PentingSurabaya, KabarGress.Com – Sekdaprov Jatim Dr.H. Sukardi mengingatkan ada 6hal penting dalam bekerja bagi pejabat yang barudilantik.  Hal tersebut harus diperhatikan untukmenciptakan suasana bekerja yang dinamis. Pernyataan tersebut dilontarkan Sekretaris DaerahProvinsi Jatim Dr.H. Sukardi Usai melantik pejabat eselonIII dan IV di kantor Badan Kepegawaian Daerah Jatim  Surabaya, Kamis (25/9).

Menurutnya, ke 6 hal penting yang harusdiperhatikan yakni, pejabat senantiasa menjaga danmemperhatikan integritas, loyalitas dan komitmenterhadap tugas dan tanggung jawab.  Ke dua, dalammelaksanakan tugas agar selalu melakukan identifikasimasalah dan mengembangkan alternatif pemecahannyaserta menentukan alternatif terbaik berdasarkan asumsi-asumsi logis.

“Seorang pemimpin harus mampu mengidentifikasipersoalan dan menemukan solusinya. Apabila tidakmampu maka lembaga yang dipimpin tidak mempunyaiarah yang lebih baik,” katanya.

Hal ketiga, kata Sukardi dalam sambutanyamengatakan, pemimpin agar selalu meningkatkan kinerjapribadi, kinerja unit kerja maupun keseluruhan organisasitermasuk didalamnya menjalankan tugas-tugas ataumendorong suatu cara kerja baru  yang inovatif. Keempat, senantiasa menjalin hubungan kerjasama yangbaik dengan staf, sehingga tercipta suasana kerja yangmembuat staf merasa aman dan memiliki kebebasandalam mengembangkan gagasannya. Di dalamorganisasi hubungan antara pimpinan dengan staf adalahbersifat saling mempengaruhi.

“Kekompakan antar staf dan pimpinan harus dibina.Staf harus dimotivasi agar selalu kreatif dan inovatifdalam kinerjanya,” ujarnya.

Hal ke lima, lanjutnya, harus selalu menunjukanperilaku sebagai seorang pemimpin yang beretika secarakonsisten. Ke enam, gunakan anggaran secermatmungkin sehingga anggaran dapat terserap secara efektifdan efisien untuk mencapai target yang direncanakan.

“Kalau ingin disebut pemimpin yang berhasil dalammenjalankan roda kepemimpinan organisasi harusmemperhatikan ke enam hal penting tersebut,” tegasnya.

Sikap pemimpin dalam menghadapi situasi yangterus berubah, dia memaparkan,  peran dari pimpinanserta faktor kepemimpinan di dalam organisasi dirasaakan semakin penting. Karena dalam sistem manajemenkepegawaian pejabat struktur eselon III memainkanperanan yang sangat menentukan dalam menjabarkanvisi dan misi instansi ke dalam program-program agarberjalan efektif dan efisien.

“Pejabat eselon III yang baru dilantik dituntut mampumemiliki kemampuan taktikal yaitu kemampuanmensinergikan kualitas karakter kepemimpinan dankemampuan manajemen strategik, manajerial sertapemberdayaan secara padu dalam merumuskan danmenetapkan program organisasi serta memimpinpelaksanaannya.

Begitu juga dengan eselon IV mereka jugamemainkan peranan yang tidak sederhana, artinyamempunyai peran penting dalam upaya meningkatkankinerja organisasi dengan memahami sistem kerja yangdimulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian,pengendalian sampai dengan tahapan evaluasi,”jelasnya.

Kinerja  pemerintahan diera reformasi birokrasimenurutnya, terletak kepada aparatur pemerintah yangmenjalankan roda organisasi tersebut. Aparatur dituntutuntuk transparan dan terbuka dalam pelaksanaantugasnya, baik itu tugas pemerintahan, pembangunandan kemasyarakatan. Oleh karena itu pemerintah haruspaham dan menguasai tentang SAKIP (SistemAkuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan).

“Sakip merupakan integrasi dari sistemperencanaan, sistem penganggarandan sistem pelaporankinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistemakuntabilitas keuangan,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, produk akhir dari SAKIPadalah LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja InstansiPemerintahan).
LAKIP merupakan cerminan prestasi sebuah sertaevaluasi terhadap program kerja.
“Ke depan kedudukan LAKIP akan menjadi dasarpenentuan pengalokasian anggaran. Selain itu agregatpenilaian LAKIP seluruh SKPD menjadi instrumenpenilaian kinerja gubernur. Untuk itu diharapkan LAKIPprovinsi Jatim mendatang dapat berjalanmaksimal,”harapnya.

Kepada pejabat yang baru dilantik, dia meminta  agar selalu berupaya memberikan kontribusi yangmaksimal bagi peningkatan kinerja organisasi, melaluipengabdian terbaik. Tentunya sesuai dengan tugas danfungsi, peran masing-masing pada posisi dankedudukannya dalam organisasi.

Di pelantikan tersebut sejumlah delapan pejabateselon III dan IV yang dilantik diantaranya eselon IIIyakni, Ir.Kurnia Setia Meitia,MM yang menempati KepalaUPT Pengendalian dan Pengujian Mutu Hasil PerikananSurabaya Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim, Ir. Asmuri yang menempati Sekretaris Dinas Perikanandan Kelautan Provinsi Jatim, Ir. Fatkhur Rozaq MMmenempati Kepala Bidang Kelautan, Pesisir danPengawasan pada Dinas Perikanan dan KelautanProvinsi Jatim.

Untuk pejabat eselon IV Ir.Pratiwi Sulistyani MMsebagai Kasubag Keuangan Dinas Perikanan danKelautan Provinsi Jatim, Ir. Rr. Endah Soesanti MM KasiPrasarana dan Sarana Perikanan Budidaya pada  DinasPerikanan dan Kelautan Jatim,  Ir. Islamulhayati M.kespada Budidaya Air Payau Bangil pada Dinas Perikanandan Kelautan Provinsi Jatim, Wijatno MoeljoatmojoSKM,MM menempati Kepala Sub Bagian Kepegawaianpada Rumah Sakit Umum Haji Surabaya dan YoyokSoeroyo Trihasdono SE MM menempati Kepala SubBagian Monitoring dan Evaluasi Produk Pangan danKehutanan pada Biro Administrasi Sumber Daya AlamSetdaprov Jatim. (eri)

Leave a Reply


*