03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Inovasi Generasi Mendatang Menjadi Perhatian Utama MasterCard Innovation Forum 2014

* Inovasi sistem pembayaran dan consumer engagement akan mendorong perubahan di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika

InnovationForum_Singapura, KabarGress.Com – Mulai dari membawa masyarakat ke dalam arus ekonomi formal dan membantu pelaku bisnis untuk memahami pelanggan mereka dengan lebih baik hingga mendorong konvergensi digital, menghantarkan strategi inovatif serta menyediakan strategi pemasaran yang melibatkan para konsumen secara langsung, teknologi akan menjadi sarana yang memungkinkan perubahan besar di dunia. Tema-tema tersebut akan menjadi pembahasan utama di MasterCard Innovation Forum 2014 yang diadakan di Singapura pekan ini.

Acara ini akan dihadiri lebih dari 350 peserta yang datang dari Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika, serta para narasumber terbaik dari MasterCard dan industri terkait untuk berdiskusi perihal kebutuhan yang terus berkembang di dunia bisnis dan konsumen. Forum tersebut juga akan menampilkan inovasi-inovasi terkini pada sistem pembayaran. Seminar dan diskusi panel juga akan membahas topik-topik yang sedang hangat seperti konvergensi digital, perkembangan pembayaran berbasis perangkat selular, travel, inklusi keuangan, jumlah data dan sistem keamanan.

Pidato pembukaan akan disampaikan oleh Sam Pitroda, mantan penasehat utama Perdana Menteri India, dan diikuti para pembicara lainnya seperti, Amr Salem, Global Managing Director, Smart Cities, IoE di Cisco, Yahesh Kampani, General Manager, Banking & Finance Services, IBM ASEAN, dan Dr. Michael Baumann, General Manager of Payments Development, Commonwealth Bank of Australia. Sedangkan Allen Hu, Vice General Manager, Tenpay Ltd akan memberikan pidato penutup.

“Kini teknologi sangat berperan dalam mendorong perubahan di seluruh dunia di mana hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini pun menjadi cukup penting bagi perkembangan sistem pembayaran dimana kita telah melihat bagimana inovasi – entah melalui produk kartu yang telah ada ataupun melalui perangkat selular – telah memberikan akses ke jutaan orang untuk berpartisipasi ke dalam arus ekonomi dan secara langsung menguntungkan mereka dan orang-orang sekitar mereka,” ujar Vicky Bindra, President, Asia Pacific and Global Accounts, MasterCard.

Forum ini juga memberikan gambaran tentang perkembangan teknologi terakhir pada sistem pembayaran yang dihardirkan melalui MasterCard Showcase di mana ide-ide terbaru tersebut telah direalisasikan dan diaplikasikan pada layanan yang disediakan MasterCard. Para delegasi dapat langsung merasakan produk dan layanan revolusioner yang memungkinkan transaksi yang lebih aman dan nyaman, baik di rumah, di tempat kerja, saat jalan-jalan atau berbelanja.

“Kebutuhan dan tuntutan konsumen semakin kompleks – mereka ingin transaksi yang lebih cepat, mudah dan aman terlepas di mana mereka berada dan apa yang sedang mereka lakukan. Kami percaya bahwa teknologi memiliki kemampuan untuk melakukan hal itu dan banyak lagi – mengubah seluruh pengalaman yang mempermudah kehidupan mereka sehari-hari,” ujar Garry Lyons, Chief Innovation Officer, MasterCard.

Tema inovasi yang diangkat akan melampaui sekadar pembahasan sistem pembayaran – Sam Ahmed, Group Head, Marketing, Asia Pasifik, MasterCard juga akan menghadirkan inovasi pemasaran baru yang revolusioner bersama Dan Neary, Vice President, Asia Pasifik, Facebook.

Beberapa teknologi pembayaran yang ditampilkan pada MasterCard Showcase meliputi:

· MasterPass – platform pembayaran digital ini memungkinkan konsumen untuk berbelanja online atau melalui perangkat selular tanpa harus memasukkan kembali informasi pribadi dan juga informasi kartu setiap kali mereka berbelanja di situs merchant pengguna fasilitas MasterPass. Hal ini menyederhanakan pengalaman pembayaran dengan menyimpan data pengiriman, informasi pribadi dan kartu, selain melindungi kartu dan informasi pribadi pengguna, fasilitas ini juga membuat checkout digital jauh lebih mudah.

· ShopThis! dengan MasterPass – ShopThis! dengan MasterPass dirancang untuk membuat para pembaca menemukan dan membeli barang-barang dari iklan yang tampil pada halaman web favorit mereka tanpa harus meninggalkan halaman itu sendiri.

· Qkr dengan MasterPass – Qkr (baca: Quicker) adalah platform pembayaran berbasis perangkat selular yang memungkinkan konsumen untuk memesan dan membayar barang dan jasa secara langsung dari smartphones mereka dengan nyaman dan efisien.

· Simplify Commerce – Simplify Commerce membuat pedagang untuk menerima pembayaran transaksi elektronik (e-commerce) dan mobile commerce, terlepas dari merek yang digunakan, dalam hitungan menit, dan menawarkan konsumen kemudahan untuk membayar dengan cara yang mereka inginkan, di waktu yang mereka tentukan.

· MasterCard InControl – MasterCard InControl memiliki berbagai tawaran untuk memenuhi kebutuhan dari setiap pemegang kartu, mulai dari usaha kecil dan besar sampai transaksi antar anggota keluarga. Aplikasi ini  menawarkan pemegang kartu dengan alat manajemen belanja yang disesuaikan dan menggunakan nomor kartu virtual (Virtual Card Number – VCN) untuk mengurangi potensi kerugian akibat pencurian nomor kartu kredit. Aplikasi ini juga memberikan peringatan real-time dari setiap transaksi untuk mencegah penggunaan kartu palsu. (ro)