24/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Pameran Inovasi Riset dan Seminar Riset Kreatif dalam Research Week UK Petra 2014

Surabaya, KabarGress.Com – Dalam dunia pendidikan, menghasilkan riset penelitian merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Akan tetapi, satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah mempublikasikan untuk kepentingan masyarakat. Ialah Research Week yang merupakan bagian dari Dies Natalis UK Petra yang ke – 53 akan digelar selama seminggu mulai Selasa hingga Jumat, 23 – 26 September 2014 di UK Petra.

“Dalam research week ini, selain akan di publikasikan dalam bentuk poster sejumlah kurang lebih 90 poster hasil riset para dosen dan mahasiswa juga akan digelar seminar serta pemutaran film. Seminar ini akan mendatangkan berbagai pembicara yang akan berbicara bagaimana membuat riset yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat”, urai Felix Pasila, S.T., M.Sc., Ph.D selaku Kepala Pusat Penelitian UK Petra.

Para pengunjung dapat menjumpai poster hasil riset ini di Entrance Hall kampus UK Petra selama satu minggu penuh. Poster – poster tersebut menggambarkan berbagai hal output yang mempunyai nilai ekonomis misalnya seperti membuat software prediksi saham dan masih banyak lainnya.

Hari selasa, 23 September 2014 bertempat di Ruang Konferensi IV – Gedung Radius Prawiro Lantai 10 kampus UK Petra mulai pukul 13.00 – 16.00 WIB akan digelar seminar dengan tema perkembangan teknologi. Mendatangkan dua pembicara yaitu Michael Prasetio Tjondrokusumo, M.Sc yang seorang pemilik Solindo Data Center yang akan mengulas mengenai peluang wirausaha dengan memanfaatkan cloud computing, mobile apps, e-commerce, game development dan masih banyak lainnya. Sedangkan pembicara kedua ialah Aloysius Budi Santoso seorang Kepala HRD PT. Astra Internasional, Tbk yang akan membahas bagaimana kesiapan Perguruan Tinggi dan Industri dalam Mendukung Indonesia dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Rabu, 24 September 2014 yang datang di ruang AVT 502-Gedung T lantai 5 kampus UK Petra pukul 09.30 – 12.00 WIB digelar seminar dengan tema Kreatif Industri dalam desain yang memiliki potensi ekonomi. Mendatangkan pembicara Singgih Susilo Kartono, seorang penemu radio berbahan kayu sekaligus pemilik Piranti Works. Keesokan harinya Kamis, 25 September 2014 pukul 09.30 – 12.30 WIB di Ruang Konferensi IV – Gedung Radius Prawiro Lantai 10 kampus UK Petra kembali diadakan seminar mengenai bagaimana caranya memajukan kota Surabaya melalui Bidang Sustainable Engineering, Kemasyarakatan dan Budaya serta Ekonomi Kreatif.

Mendatangkan dua pembicara yang terkenal yaitu Drs. Kresnayana Yahya M.Sc yang akan berbagai informasi berbagai kebutuhan pengembangan kota Surabaya yang dapat menjadi riset dan abdimas bagi para dosen dan mahasiswa sedangkan Prof. Ir. Benjamin Lumantarna, M.Eng., Ph.D akan menguak tabir rahasia bangunan tradisional di Indonesia.

Hari terakhir, Jumat 26 September 2014 digelar seminar sekaligus diskusi film di ruang P708 gedung P lantai 7 kampus UK Petra mulai pukul 10.00 – 12.30 WIB. Acara ini mendatangkan empat pembicara sekaligus yaitu Prof. Ir. Benjamin Lumantarna, M.Eng., Ph.D, Prof. Ir. Lilianny Sigit Arifin, M.Sc., Ph.D, Dr. Ir. Ekadewi Anggraini Handoyo, M.Sc. dan Ir. Murtiyanto Santoso, M.Sc. (ro)