03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

PPK Sampoena Expo 2014 Hadirkan 101 UKM Binaan

Seorang pengunjung mengamati hasil produksi UMKM binaan PT. HM Sampoerna Tbk.
Seorang pengunjung mengamati hasil produksi UMKM binaan PT. HM Sampoerna Tbk.

Surabaya, KabarGress.Com – PT HM Sampoerna Tbk kembali menggelar pameran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ke-6 atau Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoena Expo 2014, selama 2 hari, yakni hari ini hingga besok. Kali ini sebanyak 101 UMKM binaannya diusung ke Tunjungan Convention Center, Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur, guna dipamerkan kepada masyarakat luas.

Perlu diketahui, PPK Sampoerna selama beberapa tahun ini telah melatih 9.000 wirausahawan dan dari program ini sebanyak 3.300 usaha kecil di Jawa Timur telah didirikan dengan perspektif usaha kecil yang ramah lingkungan. PPK sendiri berada di Sukorejo, Jawa Timur. “Kami turut mendukung gerakan kewirausahawan dan pengembangan sinergi multipihak yang dapat mendukung percepatannya,” tandas Presiden Direktur Sampoerna, Paul Janelle, yang tampak hadir di acara pameran, Sabtu (20/9/2014).

Disamping pelatihan, PPK Sampoerna juga menjadi pusat riset pengembangan agribisnis yang sudah menghasilkan cabe super pedas, pepaya IPB3, pepaya IPB9 dan sejumlah tanaman dengan sistem pengolahan aeroponik. Unit usaha yang mengikuti expo antara lain UKM yang bergerak di bidang berbagai kerajinan, makanan kering dan kue-kue basah, olahan mangrove mulai makanan hingga barang kerajinan, batik dan barang-barang siap pakai lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengungkapkan perputaran uang di kota Surabaya per hari mencapai hingga Rp20 triliun. Oleh karena itu, wiraswasta lokal khususnya pelaku UMKM diminta bisa menangkap peluang ini. “Perputaran uang sehari Rp20 T kalau kita tak bisa memasuki wilayah itu, maka itu makanan empuk bagi orang luar,” ujar Risma.

Pada kesempatan tersebut Risma membuka secara resmi pameran Pusat Pelatihan Kewirausahawan (PPK) Sampoerna yang diselenggarakan PT HM Sampoerna Tbk. Pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) merupakan upaya perusahaan tersebut untuk kegiatan corporate social responsibility (CSR). Sementara pameran PPK Sampoerna tahun ini memasuki tahun ke-6 dengan tema “Semua Pasti Bisa”.

Selain Presiden Direktur PT Sampoerna Paul Janelle tampak hadir pula Direktur Corporate Affair Yos Adiguna Ginting. Hadir pula Anggota Komisi XI DPR, Indah Kurnia, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang UKM, Perempuan Pengusaha, Perempuan Pekerja, Jender dan Urusan Sosial, Nina Tursinah dan para pelaku UKM serta perwakilan sejumlah instansi kota Surabaya.

Risma menambahkan, dia mengenal beberapa pelaku UMKM yang turut dalam pameran hari ini. Sebelumnya mereka memulai dengan tak mudah. Namun hasilnya saat ini mulai terlihat bahkan beberapa di antaranya sudah merambah pasar ekspor. “Siapa yang bilang UMKM mudah? Ya susah memang tapi harus berusaha. Jangan pernah putus asa kalau itu kita pegang pasti berhasil. Saya ngomong begini biar banyak UMKM mendengar,” tuturnya. (ro)