03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Berangkatkan Cycling Audax East Java 2014

Pakde Karwo bersiap mengibarkan bendera start untuk memberangkatkan Jawa Pos Cycling Audax East Java 2014 di halaman Gedung Negara GrahadiSurabaya, KabarGress.Com – Tepat pukul 06.00 Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo memberangkatkan peserta Cycling Audax East Java 2014 dari Halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu (20/9), menuju Banyuwangi.

Pada kesempatan itu, Gubernur yang lebih akrab dipanggil Pakde Karwo menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan kegiatan olahraga bersepeda yang memerlukan daya tahan tubuh prima, karena akan melintasi daerah-daerah tanjakan, sekaligus sebagai ajang promosi daerah tujuan wisata di Jawa Timur.

Peserta akan melintasi rute sepanjang 333 km mulai dari Surabaya hingga finish di Banyuwangi, yang ditempuh selama dua hari (20/9 hingga 21/9). Hari pertama akan menempuh jarak sepanjang 229 km yang berakhir di Kantor Bupati Jember. Menurut Pakde Karwo pemilihan rute tersebut, karena jalur Surabaya – Jember merupakan jalur padat kendaraan tetapi tetap tertib. “Jalur lalu lintas di Jawa Timur merupakan jalur tanpa mengenal klakson. Disamping itu juga mempunyai pemandangan yang sangat indah,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, para peserta Cycling Audax East Java 2014 akan disuguhi jalur-jalur yang menarik karena akan melewati jalur-jalur yang penuh tanjakan, dengan keindahan panorama yang sangat menarik dan menghibur.

Disini Pakde Karwo berpesan agar para peserta menjaga kondisi, terutama di daerah Arak-Arak, selain itu juga diharapkan tetap menjaga kebersamaan. Cycling Audax East Java 2014 diikuti 315 peserta, 28 di antara yang berpartisipasi merupakan cyclist asing dari 13 negara. Yakni, Amerika Serikat, Australia, Belgia, Kolombia, Denmark, Irlandia, Italia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Swiss, dan Jerman.

Peserta dari Indonesia berasal dari 30 kota dan 11 provinsi. Mulai Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang, Bitung, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Semarang, Jogjakarta, Makassar, hingga kota-kota di Jatim seperti Surabaya, Banyuwangi, Jember, dan Madiun.

Sebagian besar peserta datang berkelompok bersama komunitasnya. Total ada 55 komunitas. Bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari Singapura seperti Joyriders dan Loue Bicycles Singapore. Sebagian besar peserta adalah cyclist yang pernah mengikuti Audax East Java 2013 atau Bromo 100 Km. (eri)

Teks foto: Pakde Karwo bersiap mengibarkan bendera start untuk memberangkatkan Jawa Pos Cycling Audax East Java 2014 di halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu (20/9/2014).