03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Kasad Periksa Kesiapan Angkatan Darat Jelang HUT TNI 2014

Prajurit Kopassus melaksanakan Defile dan KASAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo wawancara dengan wartawan.
Prajurit Kopassus melaksanakan Defile dan KASAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo wawancara dengan wartawan.

Surabaya, KabarGress.Com – Suasana Markas Kodam V/Brawijaya (Makodam) pada hari Jum’at (19/9) terasa lain. Di setiap penghujung jalan dekat Makodam dipenuhi dengan Alutsista TNI AD berupa kendaraan-kendaraan tempur terdiri dari 3 unit Bush Master, 12 unit MRCV, 2 unit Pakci, 2 unit Komodo, 2 unit OKA, 2 unit Isuzu D-Max, 1 unit Caspier, 6 unit Tank Tarantula, 13 unit MLRS, 14 cuk Mer 155 KH179, 14 cuk Mer 105 KH178, 13 unit Tank Scorpion, 9 unit Panser Anoa, 8 unit RBS-70, 1 unit Giraffe, 4 cuk Mer 23 Zur/Groom, 2 unit MMl Proprad. Kendaraan tempur dan kendaraan taktis ini siap untuk ditampilkan dalam Upacara menghadapi HUT TNI 2014 yang akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2014 di Armatim Surabaya.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bertindak sebagai Irup dalam pelaksanaan Gladi Upacara HUT TNI 2014 memberikan pengarahan berkaitan dengan pelaksanaan upacara. Dalam pengarahannya Kasad memberikan sedikit koreksi karena secara umum sudah baik dilihat dari kesungguhan prajurit dalam melaksanakan latihan, adapun koreksi tersebut berkaitan dengan pelaksanaan yel-yel dan tekhnis defile. Jenderal bintang empat ini meminta agar yel-yel yang disampaikan
yaitu atas nama Angkatan Darat “Kartika Eka Paksi” bukan per Brigade. “Getarkan Armada Timur dengan suara prajurit TNI Angkatan Darat”, ucapnya.

“Ingat… Kalian adalah prajurit terpilih yang merupakan kehormatan bisa mewakili TNI Angkatan Darat, terimakasih atas semangatmu dan selamat bertugas,” tegas Kasad dalam mengakhiri sambutannya.

Dalam wawancara dengan wartawan Kasad menyampaikan bahwa kedatangannya ke Surabaya ini untuk melihat semua kesiapan baik dari pasukan, Alutsista maupun atraksi.

“Dalam HUT TNI 2014 kali ini, akan dipamerkan kekuatan TNI AD selama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjabat,” pungkasnya. (eri)