03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Program “PLN Bersih” Dorong Wujudkan Indonesia Bebas Korupsi

PLN BERSIHMadiun, KabarGress.Com – PT. PLN (Persero ) Distribusi Jawa Timur Area Madiun bekerjasama dengan Lembaga Kajian Korupsi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik (LKK STISIP) Muhammadiyah Madiun, menyelenggarakan Kegiatan Kampanye Anti Korupsi bertemakan “Kita Wujudkan Indonesia Bebas Korupsi Melalui Gerakan PLN Bersih”, bertempat di Hotel Aston Madiun, Rabu (17/9/2014).

Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 80 anggota stake holder PLN yang meliputi dari Pemerintahan, DPRD, Akademisi, Pelanggan, Mitra Kerja, Asosiasi kelistrikan, Perwakilan Pelanggan, dan beberapa forum warga kota. “Kegiatan ini bertujuan untuk mendapat dukungan dari semua stake holder dan masyarakat agar program “PLN Bersih” dapat terlaksana dengan sukses,” ungkap General Manager PT PLN Distribusi Jatim, IBG. Mardawa Padangratha, saat hadir dan tampil sebagai pembicara di acara tersebut.

Adapun Program PLN bersih tersebut yang sudah dilakukan antara lain yaitu:

1. Proses Pengadaan harus sesuai dengan SK direksi dan melalui elektronic Procurement (e-proc)
2. Lelang secara Joint Procurement antar unit, sehingga selain diperoleh harga yang jauh lebih murah karena bisa langsung mendapat harga pabrikan, juga menghindari adanya peluang permainan harga dari para broker dan pihak pihak yang kurang berintegritas
3. Pelayanan secara On Line (Contact centre) , sehingga mengurangi potensi korupsi karena meniadakan kontak langsung antara pelanggan dengan Petugas
4. Menampung pengaduan tindakan korupsi ( Whistle Blower sistem)
5. Himbauan untuk tidak memberikan tips saat menerima layanan dari petugas ataupun saat pengadaan barang dan jasa
6. Himbauan untuk tidak memberikan bingkisan Hari raya dari para mitra dan Pelanggan bagi pegawai dan pejabat PLN
7. Memastikan semua Unit PLN di area madiun sebagai Zone Integritas ( tidak ada praktek Korupsi) dan beserta langkah pencegahan yang secara terus menerus.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan selain sukses di PLN maka juga dapat diikuti oleh instansi lainnya untuk mendukung Indonesia yang bebas korupsi. Acara bermanfaat besar tersebut menampilkan pembicara General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Ketua Forum Kampus Madiun, serta Ketua Malang Coruption Watch (MCW). (ro)

Teks foto: Foto bersama para peserta Kegiatan Kampanye Anti Korupsi bertemakan “Kita Wujudkan Indonesia Bebas Korupsi Melalui Gerakan PLN Bersih”, bertempat di Hotel Aston Madiun, Rabu (17/9/2014).