Para Babinsa Kodam V/Brawijaya Membanggakan

Para Babinsa Kodam V-Brawijaya MembanggakanSurabaya, KabarGress.Com – Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan. Di era reformasi sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Bintersehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/ Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam kesehariannya, tugas Babinsa tidaklah mudah karenasering disibukkan dengan berbagai macam masalah yang menyangkut sosial (kemasyarakatan). Begitu pula dengan apa yang telah dilaksanakan oleh para Babinsa anggota Koramil 0827/18 Kangean Kodim 0827/Sumenep yang berhasil menenangkan massa dan mengamankan Mapolsek yang ditinggalkan oleh seluruh anggota Polsek. Serta keberhasilan yang ditunjukan Babinsa Ramil 0820/05 Tongas Kodim 0820/Probolinggo dalam menangkap pelaku Curanmor.

Kronologis keberhasilan Babinsa Koramil 0827/18 Kangean berawal pada hari Senin (25/8) dilaksanakan pertandingan geluk (olahraga gulat tradisional) dengan pimpinan sdr. Mahfud (pegawai Satpol PP) yang tidak mempunyai ijin atau pemberitahuan kepada Polsek Arjasa akan tetapi pihak Polsek memberikan toleransi untuk dapat melaksanakan kegiatan selamadua hari (25-26/8). Akan tetapi pada hari Rabu (27/8) pertandingan masih berlangsung dan pada pukul 15.30 WIB Kapolsek Arjasa AKP Jaiman mendatangi lokasi untuk menemui sdr. Mahfud agar pertandingan dihentikan karena kegiatan tersebut berpotensi konflik. Dengan pemberhentian tersebut, masyarakat tidak puas karena pertandingan saat itu belum selesai secara keseluruhan. Tanpa ada provokasi dan spontan massa langsung mengejar Kapolsek sehingga Kapolsek melarikan diri ke Mapolsek, namun massa tetap mengejar sampai di depan kantor Mapolsek. Karena massa tidak puas, massa langsung melempari batu ke Mapolsek, mobil patroli, rumah dinas, antena parabola dan lampu taman depan Mapolsek.

Pada pukul 16.00 WIB 7 anggota Koramil 0827/18 Kangen mendatangi lokasi untuk mengamankan Mapolsek Arjasa, hal itu dikarenakan pada saat kejadian Kantor Polsek ditinggal lari oleh seluruh anggota Polsek. Setibanya di Mapolsek, para Babinsa langsung menenangkan massa agar tidak bertindak anarkhis lagi, hal tersebut berhasil dilakukan sehingga massa dapat ditenangkan dan tidak bertindak anarkhis lagi.

Adapun ketujuh Babinsa anggota Koramil 0827/18 Kangen tersebut antara lain Pelda Nursahlan jabatan Bati Tuud, Serda Samsuri jabatan Babinsa, Serda Marzuki jabatan Babinsa, Serda Adi Sujarwadi jabatan Babinsa, Serda Suwariatin jabatan Babinsa, Serda M.Tahir jabatan Babinsa dan Serda Sutrisno jabatan Babinsa.

Sedangkan kronologis Babinsa Ramil 0820/05 Tongas Kodim 0820/Probolinggo atas nama Serma Ridwan dan Serda Ali dalam menangkap pelaku Curanmor berawal ketika selesai melaksanakan apel pagi di Kodim 0820/Probolinggo. Dalam perjalanan pulang ke Koramil 0820/05 Tongas, di depan pabrik Holchim melihat 2 orang mencurigakan yang berhasil mencuri dan membawa kabur sepeda motor milik bapak Komar bernopol N 2737. Melihat kedua Babinsa tersebut, pelaku melarikan diri dan dikejar oleh Serma Ridwan dan Serda Ali hingga akhirnya salah satu pelaku berhasil ditangkap (satu pelaku lainnya kabur) dan diserahkan ke pihak Polsekta Tongas Kab Probolinggo.

Dari keberhasilan para Babinsa dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab pembinaan wilayah mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah tanggungjawabnya mendapat apresiasi dan penghargaan yang tinggi dari Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko. Hal ini diwujudkan dengan memberikan penghargaan kepada para Babinsa tersebut dalam upacara bendera 17-an pada hari Rabu (17/9) di Lapangan Kodam V/Brawijaya yang diwakili oleh Inspektorat Kodam V/Brawijaya (Irdam) Kolonel Inf Binarko.

Jenderal bintang dua yang gemar bersepeda ini dalam amanat yang dibacakan Irdam mengatakan bahwa keberhasilan para Babinsa tersebut menunjukan bahwa pembinaan terhadap wilayah berhasil dan keberhasilan ini patut menjadi contoh bagi para Babinsa lain dalam melaksanakan tugasnya. Kedepan Pangdam berharap kedekatan antara anggota dan masyarakat lebih dimaksimalkan lagi. (Eri)

Leave a Reply


*