03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

AirAsia Indonesia Kembangkan Konektivitas Domestik dari Medan

AirAsiaMedan, KabarGress.Com – Maskapai penerbangan berbiaya hemat terkemuka, AirAsia Indonesia hari ini mengumumkan pengembangan konektivitas dari hub Medan dengan meluncurkan 2 penerbangan harian langsung atau daily flight menuju Palembang dan Yogyakarta.

Dua penerbangan harian itu, yakni Medan – Palembang dan Medan – Yogyakarta, akan dioperasikan serentak mulai 21 Oktober 2014 menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi penumpang.

Adapun tiket penerbangan dapat diperoleh mulai Rp199.000,-* untuk rute Medan – Palembang dan mulai Rp299.000,-* untuk rute Medan – Yogyakarta melalui situs www.airasia.com, aplikasi mobile AirAsia yang dapat diakses dari perangkat Android dan iPhone, kantor penjualan AirAsia, dan biro perjalanan terdekat. Harga penawaran diatas adalah untuk tanggal pemesanan mulai hari ini sampai 21 September 2014 dan periode perjalanan mulai 21 Oktober 2014 sampai 24 Oktober 2015.

Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko, menuturkan pembukaan kedua rute ini merupakan bentuk komitmen AirAsia dalam menghubungkan kota-kota besar di Indonesia serta memperluas konektivitas maskapai di rute domestik.

“Sebagai kota terbesar di pulau Sumatera, Medan memiliki potensi yang sungguh luar biasa karena lokasinya yang strategis dan menarik minat pelancong bisnis dan wisata. Pembukaan rute terbaru ini tentunya akan semakin menawarkan pilihan bagi pelanggan kami di Medan yang hendak melakukan perjalanan bisnis ke Palembang maupun perjalanan wisata ke Yogyakarta. Untuk itu, kami berharap dua rute terbaru ini dapat semakin memperkuat jaringan AirAsia dari hub kami di Medan sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan aktivitas komersial antar ketiga kota tersebut,” tambah Sunu.

Palembang atau yang dikenal dengan Bumi Sriwijaya adalah ibu kota Sumatera Selatan dan menjadi kota terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Medan. Selain menjadi pusat industri dan bisnis di Sumatera Selatan, Palembang menawarkan beragam atraksi wisata seperti wisata kuliner khas Palembang seperti Pem-Pek, maupun situs-situs bersejarah seperti Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II, Jembatan Ampera, Sungai Musi, dan beragam atraksi wisata lainnya.

Selain itu, pelanggan AirAsia di Medan kini dapat terbang langsung ke Yogyakarta untuk menikmati berbagai pilihan wisata budaya seperti mengunjungi salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO, Candi Borobudur, menonton keindahan sendratari Ramayana di Candi Prambanan, mengikuti rekam jejak kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram di museum Ullen Sentalu, Kaliurang, dan mengunjungi kawasan peninggalan bersejarah kerajaan Mataram Kuno yaitu Taman Sari dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

AirAsia Indonesia saat ini mengoperasikan 78 penerbangan per minggu dari hub Medan ke beragam destinasi seperti Jakarta, Kuala Lumpur, Penang, dan Bangkok. Selama periode Januari – Agustus 2014 AirAsia Indonesia pun telah menerbangkan sebanyak 821.870 penumpang dari hub Medan, meningkat sebesar 49% dari 551.470 penumpang selama periode yang sama tahun lalu.

AirAsia Indonesia adalah maskapai afiliasi Grup AirAsia yang berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia. Grup AirAsia berhasil mempertahankan predikat sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik dunia (World’s Best Low Cost Airline) dan maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik di Asia (Asia’s Best Low Cost Airline) selama 6 tahun berturut-turut, setelah menerima dua penghargaan tersebut dalam acara penganugerahan World Airline Awards 2014 yang berlangsung pada 15 Juli 2014 di Farnborough Air Show, London, Inggris. (ro)

Teks foto: Chief Executive Officer AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko, menyerahkan miniatur pesawat Airbus A320 AirAsia Indonesia kepada Renward Parapat, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Medan saat peluncuran rute Medan – Palembang dan Medan – Yogyakarta bertempat di Hotel Grand Aston City Hall, Medan, 16 September 2014.