Dewan Rencanakan Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Jiangmen

Dewan Rencanakan Jalin Kerjasama dengan Pemerintah JiangmenSurabaya, KabarGress.Com –  Pemerintahan Kota (Pemkot) Jiangmen, China, Senin (15/9/2014) mengunjungi gedung DPRD Surabaya untuk menjaga silahturahmi serta ingin menjalin kerjasama di bidang industri dan perdagangan dengan pemerintahan kota Surabaya.

Wakil Ketua DPRD kota Jiangmen, LI Zhao Yuan mengharapkan, kedatangan pemerintahan Jiangmen ke Surabaya ini bisa menjalin suatu kerjasama, mulai dari perusahaan swasta yang berada di negara China maupun perusahaan yang ada di Indonesia, serta bisa menjaga hubungan antara masyarakat Indonesia dengan China. “Kami lebih memilih untuk penanaman modal di bidang Industri. Karena kami menilai pemerintah kota Surabaya ini mempunyai lahan industri yang sangat besar. Dan untuk investasi perdagangan, itu pihak swasta yang memegang,” ucapnya.

Li Zhao Yuan menuturkan, langkah pertama untuk meningkatkan kerjasama antara pemerintah Jiangmen dengan pemerintah Surabaya yang harus dilakukan ialah, masing – masing kedua kedua belah pihak harus kerja keras untuk menjaga silahturami agar bisa menguatkan hubungan yang baik. “Kami mengharapkan pemerintah kota Surabaya bisa menjaga penanaman modal dengan pemerintahan kami agar dapat meningkatkan industri perdagangan dan perindustrian. Misalnya mengenai industri penerangan, juga barang – barang seperti elektronik,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu anggota fraksi gabungan Handap, Vinsensius menerangkan, memang kedatangan pemerintah Jiangmen datang ke Surabaya ini selain untuk silahturami, mereka ingin menjalin kerjasama di bidang perdagangan dan perindustrian. Selain itu, mereka juga ingin mempelajari apa yang bisa diperoleh dari pemerintahan kota Surabaya untuk diterapkan disana. “Dan tadi dari rekan – rekan sendiri juga bertanya, bagaimana iklim investasi disana (pemerintahan Jiangman), baik dari pengelolaan pariwisatanya dan bagaimana sistem pengelolaan manajemen perusahaanya. Tujuanya ialah apakah nanti memungkinkan bisa menjalin hubungan kerjasama,” terangnya.

Politisi asal Partai Nasdem ini menegaskan, inti tujuan dari pemerintah Jiangmen ini lebih untuk menjalin kerjasama. Namun untuk saat ini memang masih dalam proses penjajakan. Dan masih belum bisa untuk mengambil keputusan secara signifikan. Pemerintah Jiangmen hanya sebatas masih proses penjajakan.

“Ini masih penjajakan formal dulu ya, pemerintah Jiangmen masih ingin mengenal pemerintah kita lebih jauh, dan ingin mengetahui bagaimana parlemen kota Surabaya. Dan kita juga ada undagan dari mereka untuk datang kesana (China), tapi yang terpenting kalau kita kunjungan kesana harus ada manfaatnya, kalau tidak ada mending tidak usah,” tegasnya. (adv/tur)

Teks foto: Pemerintahan Kota Jiangmen, China, mengunjungi DPRD Kota Surabaya, Senin (15/9/2014).

Leave a Reply


*