03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Ubaya Gelar Lomba Desain Kendaraan Umum Anti Macet

Salah satu tim peserta menunjukkan kreasinya.
Salah satu tim peserta menunjukkan kreasinya.

Surabaya, KabarGress.Com – Kota Surabaya merupakan kota metropolis terbesar kedua di Indonesia. Selain pertumbuhan dan perbaikan lingkungan yang sangat pesat, kota ini juga mengalami pertumbuhan jumlah penduduk, baik penduduk asli maupun pendatang.

Hal ini secara langsung berimbas pada semakin banyaknya kendaraan bermotor yang beredar di jalan-jalan utama kota Surabaya. Akan tetapi, pertumbuhan tersebut tidak diimbangi dengan fasilitas pendukung yang memadai, salah satunya adalah transportasi umum massal. Saat ini sangat jarang ditemui transportasi massal yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan.

Melihat kondisi kota Surabaya tersebut, maka Program Studi Teknik Manufaktur Universitas Surabaya menyelenggarakan Product Design Contest (PDC) dengan tema “Mass Public Transportation”. PDC sendiri merupakan perlombaan Desain Produk tingkat nasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 12 September 2014 pukul 09.00-11.00 di Gedung Serba Guna Fakultas Teknik Kampus II Ubaya Tenggilis Jalan Kalirungkut Surabaya.

Ubaya Gelar Lomba Desain Kendaraan Umum Anti Macet 1Sesuai dengan keilmuan Teknik Manufaktur, yaitu perancangan produk, perancangan proses dan sistem produksi, maka lomba ini tidak hanya melihat segi estetika saja, melainkan mengutamakan segi fungsi (fungsional), keterbuatan, ergonomi, safety, maintenance, dan manajemen dari produknya. Adapun beberapa prototype produk kategori SMA dan Perguruan Tinggi yang akan dipamerkan sekaligus dinilai. Diantaranya adalah perahu karet (hovercraft) di jalur sungai, motor in shuttle train, kereta gantung BNN, kereta panel surya sebagai alternatif penghemat bahan bakar, maglev train, dan lain-lain.

Menurut  Hayuning Purnama Dewi, salah satu juri dalam lomba PDC mengungkapkan walau masih prototype, peserta mampu menampilkan data tentang kondisi nyata transportasi di Surabaya sehingga masyarakat menjadi lebih terbuka wawasannya dan tentunya prototype ini diharapkan mampu menjadi salah satu solusi  permasalahan transportasi.

Ubaya Gelar Lomba Desain Kendaraan Umum Anti Macet 2“Dengan diadakannya PDC diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk-produk dalam negeri dengan memunculkan desainer muda yang kreatif dan inovatif, sehingga memiliki daya saing yang baik  bagi Indonesia. Dan yang terpenting adalah, semoga desain-desain tersebut dapat direalisasikan di Surabaya sehingga kemacetan teratasi,” ujar Sunardi Tjandra, S.T., M.T., selaku Ketua Dewan Juri PDC 2014. (ro)