03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Wagub Resmikan Masjid Muritsul Jannah Malang

Wagub Resmikan Masjid Muritsul Jannah MalangMalang, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf meresmikan Masjid Muritsul Jannah Jalan Kebalen Wetan Blok Muris, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Senin (8/9) dini hari.

Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim mengatakan, peresmian masjid tersebut merupakan sebuah anugerah yang patut disyukuri dan dimaknai dengan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Swt. “Setelah diresmikan, mari kita semarakkan kegiatan di masjid ini dengan kegiatan-kegiatan islami seperti pengajian, sholawatan, mendirikan TPA, dan lainnya,” katanya.

“Contohnya seperti malam ini, peresmian masjid juga diiringi dengan sholawatan kepada Rasulullah yang dibimbing para habib. Kita semua berkumpul dan bersama-sama mencari syafa’at Rasulullah. Semoga semua urusan kita baik di dunia maupun di akhirat mendapat pertolongan dan kemudahan,” ujarnya.

Ketua panitia pembangunan masjid, H. Ahmad Taufikmengatakan, cikal bakal masjid Muritsul Jannah adalah bermula dari pemberian sebidang tanah waqaf di Kecamatan Kedungkandang seluas 8×6 meter (48 M2) pada 1965. Seiring dengan berkembangnya penduduk dan padatnya kegiatan, maka masjid tersebut terus direnovasi dan diperluas.

Pria yang akrab disapa  H.Syafi’in itu mengatakan, Masjid Muritsul Jannah sanggup menampung 750 jamaah. Sedangkanproyek pembangunan Masjid Muritsul Jannah menelan biaya sebanyak Rp1.850.000.000, (Satu Milyar Delapan Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) dengan luas bangunan 754,5 m2 (251,5 m2 x 2 lantai + atap), mulai tahap awal pemugaran hingga finishing, termasuk kelengkapan interior serta fasilitas ibadah & Pendidikan.

Diantaranya adalah Ruang Utama Lantai Dasar dan Lantai Atas, Serambi Depan dan Serambi Kanan-Kiri, 1 buah Kubah Besar dan 2 buah kubah kecil,Mihrab Berornamen Timur Tengah, Menara dan Mimbar Klasik-Elegant, Kantor Takmir dan Kantor Madrasah/Sekolah Masjid, Toilet Putra dan Putri, Ruang Khotib dan Operator Sound System, Perpustakaan Masjid (Multimedia), Studio Radio el-Jannah FM,  Dilengkapi AC, Pagar Stainles, Mushaf Ustmani, Lantai Marmer, Permadani, Lampu Hias, Jam Kubah, Papan Digital, Komputer & LCD, Proyektor, Rebana Banjari.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gus Ipul, hadir pada kesempatan itu, para kyai, habib dan ulama, diantaranya Habib Jamal bin Toha, Habib Husein, wawalikota Malang, Sutiaji, Majelis Taklim Al-Ridwan, serta ribuan jamaah dan masyarakat sekitar. (Eri)