03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

GOETHE Institut Adakan Konser SERAMBI Jazz dengan Trio SKETSA di Surabaya

Serambi_Jazz_SketsaSurabaya, KabarGress.Com – Goethe-Institut Indonesia menyelenggarakan konser SERAMBI Jazz yang keempat di Surabaya dengan menampilkan duo SKETSA yang terdiri dari sepasang gitaris GERALD HIRAS SITUMORANG dan DIMAS BUDI SATRIA WIBISANA. Dalam Serambi Jazz kali ini, mereka akan tampil bersama seorang pemain akordion dan klarinet, ANDREAS ARIANTO YANUAR. Trio ini akan menghibur para penikmat jazz di Surabaya, Sabtu, 13 September 2014, Ciputra Hall – Puri Widya Kencana – Citraland, Surabaya.

Sketsa adalah sebuah grup jazz yang terdiri dari sepasang gitaris muda berbakat, Gerald Hiras Situmorang dan Dimas Wibisana. Mereka adalah duo gitar akustik yang menawarkan warna musik berbeda dengan sentuhan-sentuhan pengaruh musik seperti jazz, bossanova, pop, country music, world music, dan lainnya.

Pengaruh musik-musik tersebutlah yang membuat Sketsa mudah diterima oleh penikmat musik dari berbagai kalangan, umur, dan genre.

Dalam Serambi Jazz Surabaya 2014 ini, Sketsa akan tampil dalam format Trio bersama dengan pemain akordion dan klarient, Andreas Arianto Yanuar. Format trio merupakan sebuah format baru dari Sketsa yang tentunya masih dalam koridor akustik. Mereka akan menyuguhkan suatu musik yang berbobot lewat lagu yang terdengar santai dan easy listening.

Atas nama kejenuhan, terjadilah perombakan penggunaan alat musik menjadi dua gitar akustik, contrabass, biolin, perkusi, akordeon, klarinet, serta sesekali kemunculan vokal. Kesungguh-sungguhan Sketsa dalam menyuguhkan yang terbaik dapat dilihat dari pemilihan produser untuk album terakhir mereka, Different Seasons, yang dirilis pada bulan Mei tahun lalu. Tohpati selaku salah satu maestro jazz Indonesia adalah individu yang ditunjuk untuk menangani proses produksi album. Ia diminta untuk menjadi produser karena dianggap memiliki kesinambungan musikal dengan Sketsa.

Di awal acara akan ada penampilan dari Deny and The Add., grup musik jazz asal Surabaya. Grup ini sudah menelurkan tiga buah album, Dumay yang dirilis tahun 2012, The Session Project tahun 2013, dan Start from Zero tahun 2014. Deny and The Add telah malang melintang dalam dunia jazz, seperti Road Tour Java Jazz 2011, SMEX 2012-2013, Jazz City feat. Suhendra dan Gilang Ramadhan, Indro Hardjodikoro, dan dalam event musik jazz bergengsi lainnya. (ro)