03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pejabat Pemprov Berlomba Kreasi Miniatur Cagar Budaya

miniatur candiSurabaya, KabarGress.Com – Ruang rapat Bhinaloka Adhikara Kantor Gubernur Jl Pahlawan no 110  Surabaya, yang biasanya menjadi tempat rapat-rapat dinas, pagi itu Jum’at (5/9) suasana cukup semarak karena para Pejabat Pemprov saling berlomba membuat kreasi miniatur monumen/ cagar budaya dengan bahan malam. Sedangkan para Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) saling berlomba menghias kue tart.

Lomba-lomba yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-69 Proklamasi Kemerdekaan RI ini diikuti 15 peserta dari 4 SKPD yaitu BPKAD, Bappeda, Sekretariat KORPRI dan Kantor Satpol PP), dan 11 biro di lingkungan Setda Prov Jatim.

Dalam acara pembukaan lomba, Kepala Biro Administrasi Kesra Ratnadi Ismaoen, SH,ketika membaca Sambutan Sekda Prov Jatim Dr H Akhmad Sukardi, MM mengatakan, Lomba ini bukan semata-mata mencari juara, tetapi substansi dari lomba itu sendiri, yaitumemberdayakan pejabat eselon II dan III untuk lebih mengenal dan mencintai cagar budaya.

“Melalui lomba ini kita bisa melihat sejauh mana peserta mampu menunjukkan inovasi dan kreasinya dalam melestarikan cagar budaya nasional. Marilah kita perkokoh kembali kecintaan kepada bangsa dan negara, kecintaan pada seni dan budaya, serta kecintaan pada keindahan, sehingga kehidupan masyarakat dan bangsa kita menjadi seimbang,” ujarnya.

Sementara itu Ketua  DWP Biro-biro di lingkungan Setda Prov Jatim saling unjuk ketrampilan dalam menyalurkan dan mengekspresikan imajinasinya yang dituangkan dalam menghias kue taart.

Setelah dilakukan penilaian oleh Tim Juri yang terdiri dari tiga orang yaitu Dr Dra Badriyah, MSi (Wakil Ketua DWP Setda Prov Jatim), dan dua orang dosen Seni rupa Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW), yaitu Totok Priyo Leksono, MSi dan Dra Yekti Herlina, pemenang adalah :

Lomba Miniatur Pelestarian Monumen/ cagar budaya yang dinilai meliputi kreativitas , komposisi dan keindahan dengan durasi waktu tiga jam Juara I, II dan III adalah Biro Administrasi Kesra, Biro Umum dan Biro Organisasi. Sedangkan Juara Harpan I, II dan III adalah Biro Administrasi Pemerintahan, Biro SDA dan Biro administrasi Kerjasama.

Sementara Lomba menghias kue tart yang dinilai keindahan/ estetika, keserasian tema dan kreativitas  dengan durasi waktu dua jam, keluar sebagai juara I, II dan III adalah Biro Kesra, Biro Umum, Bappeda, kemudian juara harapan I, II dan III adalah Biro SDA Biro Administrasi Pemerintahan dan Biro Perekonomian. (Eri)