03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakar Supranatural Ki Sabdo Jagad Royo Ramal Jokowi Tak Sampai Finish

Ki Sabdo Jagad Royo
Ki Sabdo Jagad Royo

Surabaya, KabarGress.com -­ Pakar Supranatural Ki Sabdo Jagad Royo memprediksi kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden RI tidak akan sampai 5 tahun. “Wangsit dari penguasa alam yang saya terima begitu, Jokowi jadi presiden tidak sampai finish,” kata Ki Sabdo Jagad Royo saat ditemui media ini, di Royal Plaza Surabaya, Jumat (29/8).

Selain berdasarkan wangsit yang diterima, kata Ki Sabdo Jagad Royo, pernyataannya tersebut juga berawal dari pemikiran dirinya yang menyebutkan Jokowi tidak akan mampu mengatasi berbagai persoalan pelik bangsa ini. Terlebih ketika pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan kebijakan pembatasan BBM (Bahan Bakar Minyak) bersubsidi dan akan mengurangi subsidi BBM yang artinya harga BBM akan naik, Jokowi langsung panik dan minta pada SBY untuk segera menaikkan harga BBM sebelum dia dilantik jadi Presiden.

Menurut Ki Sabdo, langkah Jokowi merayu SBY agar segera menaikkan harga BBM menunjukkan Jokowi tidak kreatif dan mempermalukan diri serta partai yang mengusungnya, PDIP. Sebagaimana diketahui masyarakat, partai pimpinan Megawati itu selalu menentang kenaikan harga BBM di masa pemerintahan SBY, tapi sekarang mendesak SBY segera menaikkan harga BBM.

Alasan Jokowi atas usulannya itu, agar dirinya begitu dilantik jadi Presiden bisa segera menjalankan program­program sebagaimana yang dijanjikan semasa kampanye. Padahal, lanjut Ki Sabdo, ‘aslinya’ agar Jokowi tidak ‘kepothokan’ (tidak dipersalahkan oleh masyarakat) atas kenaikan harga BBM.

Ki Sabdo memuji keputusan Presiden SBY yang tetap tidak segera menaikkan harga BBM, bahkan malah mencabut pembatasan BBM bersubsidi. “Saya sebelumnya sudah yakin SBY tidak akan menerima usulan Jokowi. SBY itu tidak bodoh. Dia tidak akan menghilangkan kepercayaan masyarakat padanya yang sudah dibangun sekian lama. Dan seumpama SBY sampai bersedia menaikkan harga BBM, berarti ada deal­-deal tertentu antara Jokowi dengan SBY,” papar Ki Sabdo.

Sebelum Pilpres 9 Juli lalu Ki Sabdo banyak mengeluarkan keterangan pada mass media dan surat pernyataan yang menyebutkan Prabowo akan terpilih jadi presiden asal mau menemui dirinya.

Akan tetapi Prabowo tidak pernah berusaha menemuinya. “Saya berani menyatakan begitu, di samping karena hasil ritual saya di tiga tempat, juga karena analisis saya bahwa Jokowi tidak akan mampu jadi Presiden. Dan saya yakin Jokowi akan lengser sebelum finish,” tandas paranormal asal Madura yang tinggal di Surabaya ini. (Eri)