03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Imbau Jamaah Haji Jaga Fisik

Pakde Karwo Imbau Jamaah Haji Jaga FisikSurabaya, KabarGress.com – Jamaah Haji yang akan berangkat maupun yang telah berangkat diimbau untuk menjaga kondisi fisik, agar saat menjalankan ibadah kondisinya tetap prima. Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Pakde Karwo saat melepas Jamaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya, tahun 2014 di Asrama Haji Surabaya, Senin (1/9).

Menurutnya, kondisi fisik secara prima sangat dibutuhkan, karena perjalanan dan intensitas kegiatan saat ibadah haji cukup padat. Apabila jamaah haji tidak mempersiapkan kondisi fisik jauh hari, peluang terganggunya kesehatan cukup tinggi. ”Selain mencari ridho, jamaah haji harus menjaga kesehatan agar selamat dan bisa menunaikan ibadah haji dengan lancar,“ pesan Pakde Karwo sapaan akrabnya.

Ia menuturkan, selama pelaksanaan haji, pemerintah ikut menjaga kesehatan para jamaah haji. Salah satunya dengan melakukan pengecekan kesehatan kepada para jemaah yang akan berangkat. Salah satu standarisasinya memberikan vaksin meningitis. ”Pemberian vaksin tesebut dikarenakan kekhawatiran akan adanya virus ebola yang menyerang beberapa wilayah di timur tengah,” tegasnya.

Vaksin meningitis adalah vaksin yang disuntikkan kepada para jamaah haji dan umrah, dengan tujuan mencegah penularan meningitis meningokokus (radang otak) antar jamaah.

Selain menjaga kondisi fisik, Pakde Karwo menambahkan agar para jemaah haji menaati peraturan yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara haji. Hal tersebut sangat penting, karena keselamatan prioritas utama panitia penyelenggara haji.

Ia menambahkan agar para jemaah haji bisa menunaikan ibadah haji dengan sabar dan mendapatkan ridho dari Tuhan yang Maha Esa. Dan jangan lupa mendoakan Jatim  agar selalu terjaga kedamaian dan kenyamanannya. ”Selain membentuk basis masyarakat yang membangun spiritual juga harus selalu mendoakan kondisi yang damai dan nyaman tercipta di Jatim, sehingga nanti masyarakat yang sejahtera bisa terwujud,“ tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi VII DPR RI, Ida Fauziah mengatakan, Departemen Agama dan Kementerian Kesehatan bekerjasama untuk menyosialisasikan agar para jamaah haji selalu menjaga kesehatan. Karena beberapa virus seperti korona, mes dan ebola menyerang manusia yang memiliki kondisi fisik yang lemah. ”Ritme dalam beribadah harus diatur agar kesehatan bisa terjaga,” ujarnya.

Jamaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya tahun 2014 sebanyak 445 orang, dan diberangkatkan menggunakan 10 bis. Dimana para jemaah berasal dari Kab. Sidoarjo dan Kota Surabaya. (Eri)