20/10/2020

Jadikan yang Terdepan

The Piano Institute Hadirkan Ananda Sukarlan

Ananda Sukarlan.
Ananda Sukarlan.

Surabaya, KabarGress.Com – The Piano Institute kembali hadir memberikan piano masterclass untuk masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Setelah mengundang beberapa pianis dan composer terkenal seperti Daniel Herscovitch dan Vatche Jambazian yang merupakan pianis internasional, kini menghadirkan Ananda Sukarlan, pianis yang berasal dari Indonesia bertaraf internasional.

Ananda Sukarlan menjadi satu-satunya orang Indonesia dalam buku “The 2000 Outstanding Musicians of the 20th Century”, yang berisikan riwayat hidup 2000 orang yang dianggap berdedikasi pada dunia musik. Sosok Andy, begitu ia disapa, telah belajar bermain piano sejak kecil. Selulusnya dari SMA Kolese Kanisius Jakarta pada 1986, ia belajar ke Amerika Serikat, dilanjutkan ke Den Haag, Belanda. Di tempat terakhir ini ia meraih master dengan predikat summa cum laude. Kesempatan bersekolah di Eropa ini dipakainya untuk mengikuti berbagai kompetisi piano internasional. Bahkan, ia sering diundang atau terlibat dalam konser simfoni orkestra di Eropa atau bermain tunggal. Ia menyebut dirinya bermain dengan genre “musik sastra”, bukan musik klasik. Dalam setahun ia dapat mengadakan pertunjukan 60 – 80 kali (5-7 kali per bulan).

Masterclass with Ananda Sukarlan diadakan 25 Agustus bertempat di Amadeus Hall, The Piano Institute, Jl Dharmahusada Indah Timur M-12/250, Surabaya. Piano masterclass terbuka untuk umum baik murid dalam The Piano Institute maupun murid luar. “Tujuan pengadaan masterclass ini adalah The Piano Institute sebagai sekolah musik ingin memfasilitasi calon pianis-pianis muda yang ada di Surabaya untuk mengembangkan kemampuan musikal dan talentanya di bidang piano khususnya klasik pada maestronya,” tandas Veronica Prasetio, dari The Piano Institute. (ro)