03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul Titip Pesan pada Presiden Terpilih, Semua Guru Swasta Disertifikasi

foto: dok/mintotulus.wordpress.com
foto: dok/mintotulus.wordpress.com

Surabaya, KabarGress.com – “Saya titip pesan kepada Presiden terpilih, semua guru swasta disertifikasi supaya mendapat tunjangan dari negara sehingga tidak perlu menjadi PNS”. Hal itu diutarakan Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul pada acara Halal Bihalal dengan siswa, guru, wali murid di Lembaga Pendidikan Perjuangan “Ibu”, Jl Himalaya no 17 Pakusari Jember, Senin (25/8).

Menurut Gus Ipul, yang diajar guru-guru swasta itu juga anak-anak rakyat yang juga membayar pajak pada pemerintah. Kalau guru  swasta pintar-pintar dan sejahtera , maka yang mendapat manfaat adalah murid. Jika gaji guruswasta sudah dibiayai negara, biaya operasional sekolahmurah, maka bayar sekolah lebih murah, bila perlu gratis.“Oleh karena itu, kesejahteraan guru sangat penting harus dipikirkan supaya mengajarnya lebih tenang,” ujarnya.

Salah satu solusi mensejahterakan guru selain sertifikasi,adalah dengan cara mengikutsertakan dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Karena kesehatan itu penting, jangan sampai orang sakit tidak punya uang untuk berobat. Maka pemerintah diberi kesempatan untuk  menjadi peserta. Di jatim sekarang yang sudah menjadi anggota BPJS 17 juta orang, yag 3 juta terdiri dari PNS, TNI/ polri, dan 14 juta  dibayar negara ( dulu Jamkesmas dan Jamkesda).

Program BPJS adalah program pemerintah bagi masyarakat yang mau membayar Rp 35 ribu/ bulan/ orang maka jika sakit apapun akan diatanggung oleh pemerintah, tapi kapasitas kelas tiga, kalau kelas dua Rp 42.500,- dan kelas 1 sebesar Rp 59 ribu/ bulan/ orang.

“Kalau bisa mengikutkan  semua guru swasta di Lembaga Pendidikan ini ikut BPJS, termasuk wali murid, sehingga kalau ada guru sakit, ketua Lembaga tidak perlu dipusingkan mencari biaya,” katanya.

Kemudian,  karena guru swasta kalau pensiun tidak mendapatkan tunjangan, program BPJS ketenagakerjaan membayar maka akan mendapat tunjangan hari tua dan pensiun, serta biaya kecelakaan kerja sebesar 48 kali gaji (UMK). “BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan harus dimanfaatkan oleh rakyat,” tegasnya.

Pengasuh Lembaga Pendidikan Perjuangan “Ibu” KH Hafidi mengatakan, LPP ini, lembaga ini dibangun sejak tahun 2009 yang meletakkan batu pertama juga Wagub Jatim us Ipul.  Sekarang setelah lima tahun berkembang menampung SMP dan SMK 19 kelas gedung sekolah swadaya masyarakat. Namun masih diperlukan lahan empat hektar untuk kebutuhan pokok, disamping laboratorium, lapangan, dan lain-lain.

Dalam rangkaian halal bihalal juga dilaksanakan jalan-jalan santai, dan Gus Ipul memberikan hadiah sepeda ontel 20 buah, dan menarik hadiah utama sepeda motor yang disediakan panitya. Sebelumnya Gus Ipul didampingi Pengasuh LP “Ibu” Hafidi meletakkan batu pertama pembangunan penambahan gedung sekolah. (Eri)