03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Wagub Apresiasi Halalbihalal Konjen AS

Wagub Apresiasi Halalbihalal Konjen ASSurabaya, KabarGresss.com -Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusufmengapresiasi acara Halalbihalal yang diselenggarakan oleh Konjen Amerika Serikat, Joaquin F. Monserrate di kediamannya, Jl. Untung Suropati Surabaya, Kamis (21/8).

Alasan Wagub yang akrab disapa Gus Ipul tersebut karena Joaquin ikut melestarikan tradisi masyarakat Indonesia yang rutin mengadakan halalbihalal setelah lebaran. “Jika yang mengadakan Halalbihalal itu pemerintah, saya kira sudah biasa. Tapi jika yang mengadakan adalah Konjen AS. Ini baru luar biasa” pujinya.

Gus Ipul mengatakan, halalbihalal adalah tradisi asli dari masyarakat Indonesia. “Meskipun namanya menggunakan bahasa arab, yakni “halalbihalal”, tapi justru orang arab belum tentu paham maknanya. Sebab halalbihalal berasal dari bahasa indonesia yang diterjemahkan kedalam bahasa arab. “halalbihalal” artinya “kamu halal, dan saya halal” lanjutnya seraya mengajak bersalaman Joaquin F. Monserrate.

Masih menurut Gus Ipul, salah satu hal menarik yang dikenangnya ketika diundang oleh Joaquin untuk berkunjung ke AS, tepatnya di Arkansa, Little Rock adalah sistem pengelolaan tingkat RT dan RW.

“Di AS, setiap ada penghuni baru, darimanapun asalnya. Wajib menandatangani perjanjian dengan RT maupun RW setempat. Perjanjiannya adalah tidak akan menggunakan narkoba, tidak mengundang tamu manapun yang menggunakan narkoba, apalagi pengedar. Dan juga syarat-syarat yang lain” katanya.

Menurut Gus Ipul, hal tersebut patut dicontoh dan diterapkan di Indonesia. Sebab masih banyak ditemukan kasus seperti penghuni baru yang tidak lapor RT dan RW lalu tiba-tiba ditangkap polisi karena membuat bom, terlibat jaringan teroris maupun terlibat tindak kriminallainnya.

Kepada Joaquin, Gus Ipul berpesan agar tradisi halalbihalal di kediaman Konjen dapat terus berlangsung. “Saya ucapkan selamat bertugas disini, terima kasih karena bisa menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan pemerintah maupun seluruh pihak yang ada di Jatim” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Joaquin F. Monserrate mengatakan bahwa pihaknya salut dengan demokrasi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Pemilihan Presiden pada 9 Juli kemarin yang memecahkan rekor dunia. Yakni jumlah pemilih mencapai 133.577.277 jiwa yang mengalahkan jumlah pemilih saat pemilu di AS yang mencapai 131.071.135 jiwa. “Rekor jumlah pemilih di Amerika berhasil dipatahkan oleh Indonesia. Indonesia berhasil mengukir rekor dunia yang baru” pujinya.

Joaquin berpesan, siapapun pemimpin Indonesia kedepan harus didukung sepenuhnya. Pihaknya siap memberikan dukungan kepada pemerintah yang baru, seperti memasok tenaga kesehatan dan peternakan lewat Peace Corps yang digagas lewat dunia pendidikan terlebih dulu.

Halalbihalal tersebut dihadiri oleh para kiai, ulama, komunitas kampus, praktisi kesehatan, dan komunitas pers. (Eri)