24/10/2020

Jadikan yang Terdepan

PLN Distribusi Jatim Gandeng Unair Berikan Penyuluhan dan Pelayanan Kesehatan Warga Bawean

BaweanBawean, KabarGress.Com – PT PLN (Persero) Disturibusi Jawa Timur melalui program Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) bersinergi dengan program sosial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya serta TNI AL, mengadakan aksi kepedulian sosial untuk peningkatan kesehatan masyarakat Pulau Bawean, mulai 14-20 Agustus 2014.

Patut diketahui bersama, kegiatan Destistry Charity V merupakan pembukaan rangkaian kegiatan Bakti Sosial CSR Bersinar (bersih dan benar) PT PLN Bersinar dalam rangka Hari Listrik Nasional tahun 2014. Selain keberhasilan menyinari  Pulau Bawean dengan project CNG, PT PLN juga tidak ketinggalan melakukan aksi kepedulian sosial untuk peningkatan kesehatan masyarakat Pulau Bawean di Jawa Timur.

“Kami melibatkan 100 relawan tenaga medis dan 100 relawan pendukung yang akan memberikan penyuluhan dan pelayanan kesehatan ke sekolah-sekolah SD dan SMP, juga warga Pulau Bawean secara umum. Untuk keberangkatan dan Kepulangan, para relawan diangkut dengan menggunakan KRI Teluk Banten 516 melalui KOARMATIM bantuan dari TNI AL,” demikian dikatakan Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Arkad Matulu.

Menurut Arkad, di Pulau Bawean penyuluhan yang diberikan bukan hanya mengenai kesehatan gigi, tapi juga kesehatan secara umum, kesehatan ternak dan juga ekonomi bisnis. Selain itu PLN juga akan memberikan sosialisasi mengenai kelistrikan. “Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pengobatan gigi dan mulut, serta vaksinasi hewan ternak,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, sekitar 600 warga akan menerima pengobatan gigi dan mulut, lebih dari 1.800 warga akan menerima pendidikan dan penyuluhan. Diharapkan 2.400 warga yang mendapatkan manfaat langsung dari kegiatan ini dapat mendorong masyarakat secara luas dalam menumbuhkan kepekaan sosial dan meningkatkan kesadaran sikap perilaku masyarakat terhadap pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut juga kesehatan lingkungan.

Peresmian kegiatan bakti sosial ini dilakukan oleh Direktur Pengadaan Strategis dan Energi Primer PT PLN (Persero), Bagiyo Riawan didampingi oleh jajaran manajemen PLN Distribusi Jawa Timur, di Puskesmas Sangkapura, Bawean.

Pemerintah daerah Bawean sangat menyambut baik adanya kegiatan bakti sosial ini, dan berharap kegiatan ini akan memberikan manfaat tidak hanya kepada warga yang mendapatkan pengobatan namun untuk masyarakat secara umum. (Ro)

Teks foto: PT PLN (Persero) Jatim dan Unair Surabaya kerjasama memberikan penyuluhan dan pelayanan kesehatan kepada warga Pulau Bawean.