15/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Dukung Pemerintah, XL Dorong Aktivitas Transaksi Non Tunai Melalui Layanan XL Tunai

*  Lebih dari 1,2 Juta Pelanggan XL Manfaatkan Layanan Moderen Ini

Customer Service XL sedang menunjukkan layanan XL Tunai.
Customer Service XL sedang menunjukkan layanan XL Tunai.

Surabaya, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL), operator terbesar kedua di Indonesia, mendukung program pemerintah dalam melakukan kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia dengan memperkenalkan produk uang elektronik XL Tunai yang dapat digunakan di beberapa merchant. Program GNNT ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis dan juga lembaga-lembaga pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi keuangan, yang tentunya mudah, aman dan efisien.

GM Finance Management XL East Region – Moch. Imam Mualim mengatakan,“Penggunaan transaksi non tunai (cash less) baik melalui XL Tunai maupun transfer via handphone makin diminati oleh pelanggan dan masyarakat. Hal ini disebabkan karena sudah makin banyak pelanggan yang merasakan manfaat kecepatan, efisiensi dan keamanan dari penggunaan transaksi ini. Terutama untuk masyakarat kota besar, tingkat pengguna transaksi non tunai ini meningkat, seiring dengan perkembangan layanan digital yang menawarkan berbagai transaksi yang banyak menggunakan non tunai sebagai metode pembayarannya.”

Pelanggan sedang transaksi di salah satu merchant XL menggunakan XL Tunai.
Pelanggan sedang transaksi di salah satu merchant XL menggunakan XL Tunai.

Imam Mualim menambahkan, salah satu fungsi e-money untuk pengiriman uang antar operator selular (XL, Telkomsel & Indosat) adalah yg pertama kali di dunia, karena negara lain belum ada yang meng-implementasi-kan hal ini . Bagi XL, e-money adalah sebuah layanan yang memerlukan kesabaran dalam melakukan edukasi ke masyarakat. Meskipun masyarakat Indonesia terbiasa dengan pembayarn tunai, namun karena ada anjuran Bank Indonesia terkait sosialisasi cash less society dan branchless banking, maka XL melihat XL Tunai akan menjadi sebuah layanan yang memberikan kontribusi cukup besar di masa mendatang..

Saat ini tercatat XL Tunai telah dimanfaatkan oleh lebih dari 1,2 juta pelanggan dari 68,5 juta pelanggan XL. Namun pada dasarnya semua pelanggan XL baik itu prabayar dan pasca bayar sudah bisa menggunakan layanan XL Tunai, tanpa atau menggunakan registrasi. Cukup isi saldo XL Tunai maka sudah dapat melakukan transaksi dengan layanan e-payment ini. Bila mau lebih komplit maka daftarkan ke XL Center agar saldo XL Tunai dapat dicairkan dan dapat melakukan kirim uang. Saat ini XL Tunai sudah bekerja sama dengan lebih dari 98 merchant dengan jumlah outlet lebih dari 10.000 outlet di seluruh Indonesia. Untuk mengaktifkan dan menggunakan XL Tunai, pelanggan bisa mengakses melalui *123*120#. (ro)