28/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Sekda Sukardi: Optimisme Modal Juarai MTQ KORPRI Nasional

Sekda Sukardi - Optimisme Modal Juarai MTQ KORPRI NasionalSurabaya, KabarGress.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi, menegaskan salah satu modal untuk bisa menjuarai MTQ Korpri Nasional di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam pada 19-24 Agustus 2014 harus dibarengi dengan berdoa, berdzikir dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Hal tersebut disampaikannya saat melepas kontingen Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) KORPRI di New Grand Park Hotel di Jl. Sumatra 3-5 Surabaya, Minggu (17/8) malam.

Ia meminta, kafilah MTQ sebelum bertanding harus membekali diri dengan latihan, usaha dan diiringi dengan berdoa. “Doa adalah kekuatan besar yang dimiliki oleh manusia beriman. Kekuatannya seperti metafisika, tidak terlihat namun memiliki dampak yang begitu luar biasa bagi kehidupan manusia,” tegasnya.

Cara selanjutnya, agar bisa menjadi juara MTQ yakni dengan berdzikir. Sebab berdzikir, hati kita akan menjadi tenang sehingga pikiran-pikiran negatif sebelum berkompetisi bisa hilang. “Jangan pernah berfikir apapun kecuali berjuang membacakan kalam Illahi, awali segala aktifitas kita dengan berdoa dan terus berdzikir agar Jatim diberikan kemudahan dan kemenangan,” imbuhnya.

Selain doa dan dzikir, modal terakhir agar bisa meraih juara yakni memiliki kepercayaan diri yang tinggi dengan bekal optimisme. “Saya ingin kafilah Jatim jadi pemenang. Kafilah Jatim harus memiliki semangat yang tinggi. Semangat dapat mengalahkan rasa takut dan tegang,” katanya di depan kalifah yang hari ini (Senin, 18/8) berangkat ke Aceh.

Dalam arahannya, Sukardi yang juga Dewan Pengurus Korpri Jatim menitipkan tiga pesan dan harapan kepada kontingen MTQ Korpri. Pertama, seluruh kafilah untuk membawa nama baik Jatim dengan memperkenalkan potensinya selama berada di Aceh.

Kedua, kepada peserta hendaknya bisa mencapai prestasi maksimal. “Saya minta kalian selalu menggelorakan semangat bertanding, junjung sprotivitas dan selalu diiringi doa sebelum bertanding,” jelasnya.

Pesan ketiga, khusus kepada pembimbing dan pendamping agar membawa kafilah dan kontingen MTQ secara maksimal sehingga dapat meraih juara.

Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Jatim, Drs. H. Hizbul Wathon, MM, menambahkan Jatim akan mengirimkan Kafilah terbaik yang akan bertanding dalam MTQ di Provinsi Aceh.

Korpri Jatim mengikuti semua cabang yang dilombakan, meliputi cabang Hafidz Al-Qur’an (putra dan putri), cabang syarh Al-Qur’an (pidato) putri, cabang tartil dan tilawah Al-Quran (putra dan putri) dan cabang khath Al-Qur’an (Kaligrafi) putra dan putri.

Ia mengatakan, Jatim akan berusaha maksimal untuk meraih hasil tertinggi. Kontingen Jatim, akan berupaya meraih juara meskipun ini baru pertama kalinya Jatim mengirimkan kafilahnya di tingkat nasional. “Insyaallah Jatim bisa berbicara di tingkat nasional dan meraih prestasi yang membanggakan,” ungkapnya. (Eri)