03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Gubernur Minta Perbankan Rajin Gandeng UMKM

pertandingan bola voli persahabatan pemprop jatim melawan bank jatimSurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo minta perbankan makin rajin menggandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ini karena UMKM merupakan salah satu kekuatan ekonomi Jatim yang paling stabil pertumbuhannya dan mampu berkontribusi luar biasa terhadap PDRB Jatim. “Dunia perbankan saat ini mendapat tekanan yang kuat terhadap defisit neraca berjalan, salah satu langkah yang harus dilakukan dari segi makro adalah memperbesar landing terhadap UMKM”.

Pernyataan tersebut disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim ketika ditemui wartawan seusai pertandingan voli persahabatan dengan direksi Bank Jatim dalam rangka memperingati HUT ke-53 di kantor pusat Bank Jatim, Jl. Basuki Rahmat Surabaya, Sabtu (16/8).

Kontribusi UMKM terhadap PDRB Jatim sangat besar, yakni 54,48 persen pada tahun 2012. Berdasarkan data, jumlah UMKM di Jatim sebanyak 6.825.931 dan mampu menyerap sebanyak 11.117.439 tenaga kerja dari seluruh Jatim. Sedangkan jumlah atau total penerimaan PDRB Jatimsebesar Rp1.135 trilyun. Dari total jumlah penerimaan tersebut, sebanyak Rp548,9 triliun berasal dari sumbangan penerimaan sektor Koperasi dan UMKM di Jatim.

“Jadi, kinerja UMKM sangat bagus, ini peluang bagi perbankan untuk landing di situ, khususnya untuk Bank Jatim yang memiliki misi terhadap pertumbuhan ekonomi Jatim, saya kira menggandeng UMKM adalah langkah yang tepat karena tingkat kepatuhan mereka untuk membayar kredit sangat baik,” ujarnya.

Pada pagi hari itu, Bank Jatim menyelenggarakan pertandingan voli persahabatan dengan Pemprov Jatim dalam rangka peringatan HUT ke-53. Tim bola voli Pemprov Jatim dipimpin Pakde Karwo serta beranggotakan para pejabat di lingkungan Pemprov, diantaranya Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, Kabiro Hukum, Himawan, Kadispora, Sugeng Riyono, Kepala Satpol PP, Tartib, Kadiskanla, Heru, dan Sekretaris KORPRI, Hizbul Waton.

Sementara tim bola voli Bank Jatim dipimpin Dirut Bank Jatim, Hadi Sukrianto dan beranggotakan para pimpinan dan direksi Bank Jatim, diantaranya Djoko Lesmono, dan Eko Antono.

Pertandingan berjalan seru dan menarik, tak jarang Pakde Karwo harus jatuh bangun untuk mengejar bola yang dikirimkan oleh tim Bank Jatim. Pada set pertama, tim Pemprov mampu mengungguli tim Bank Jatim dengan skor tipis 25-20.  Skor sementara, tim Pemprov 1 dan tim Bank Jatim 0.

Kekalahan pada set pertama tersebut rupanya mampu melecut semangat tim Bank Jatim, pada set kedua. Tim yang dikomandani Hadi Sukrianto itu balik mengungguli tim Pemprov dengan skor 25-14. Skor sementara, tim Pemprov 1 dan tim Bank Jatim 1.

Keunggulan tim Bank Jatim terus berlanjut pada awal set ketiga, mereka sempat memimpin perolehan poin dengan skor 9-3 atas tim Pemprov Jatim. Pertandingan berjalan semakin seru dan menegangkan setelah pada pertengahan set ketiga, tepatnya saat perolehan poin antara tim Pemprov Jatim dengan tim Bank Jatim seimbang, yakni 16-16.

Kejar-mengejar poin terus terjadi pada akhir set ketiga yang merupakan set penentuan, tim Bank Jatim berhasil unggul jauh atas tim Pemprov dengan skor 23-17. Artinya, dua poin lagi tim Bank Jatim berhasil memenangkan pertandingan tersebut. Namun, tim Pemprov Jatim seakan tak kenal lelah untuk mengejar ketertinggalan, mereka mampu menyeimbangkan perolehan poin menjadi sama kuat, yakni 23-23.

Pada akhirnya, tim Pemprov berbalik unggul dan memenangkan set penentuan tersebut dengan keunggulan 25-23. Pertandingan voli persahabatan pun berakhir dengan kemenangan tim Pemprov dengan skor tipis 2-1. (Eri)