20/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Danrem 081/DSJ Buka Latihan Posko I Kodim Blitar

Danrem 081 - DSJ Buka Latihan Posko I Kodim BlitarBlitar, KabarGress.com – Danrem 081/DSJ, Kolonel Czi M. Reza Utama, menghadiri upacara pembukaan latihan Posko I Kodim 0808 Blitar “Merak Jaya” tahun 2014 dalam rangka Penanggulangan Bencana Alam, bertempat di halaman Makodim, Blitar Rabu ( 13/8/2014). Turut dalam pembukaan itu Kasrem 081/ DSJ / Letkol Arh Eko Wibowo Kusrianto,SE, beserta staf, dan unsur Pemerintah Daerah.

Para Dandim di jajaran Korem 081/ DSJ, Kapolres Blitar beserta jajarannya, serta kesatuan dari instansi terkait turut hadir dalam acara ini. Menurut rencana Pelaksanaan Latihan Posko I bertempat di Makodim 0808 / Blitar selama tiga mulai Rabu (13/8/2014) hingga Jumat (15/8/2014).

Pelatihan ini, tegas Danrem, sebagai upaya meningkatkan professionalism prajurit. “Menjadi profesionalisme saat ini bukan hanya tuntutan organisasi, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap individu prajurit TNI AD yang harus bisa diwujudkan dalam pelaksanaan tugas masing-masing. Sebab peran, tugas dan tanggungjawab yang dihadapi ke depan akan semakin berat dan komplek. Untuk profesionalitas seorang prajurit harus terus di tingkatkan,” tegas Danrem.

Supaya mencapai sasaran Danrem M. Reza meminta penyelenggara Gladi, agar sekenario latihan diupayakan mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan. Menurut DanremĀ  dengan cara itu dapat mengukur kemampuan staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul,” kata Danrem seraya menegaskan bila ada kekurangan didalam pola latihan langsung dilakukan perbaikan, dan penyempurnaan prosedur maupun kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya.

Danrem 081 -DSJ Buka Latihan Posko I Kodim BlitarTujuan dan sasaran latihan posko I yaitu kemampuan melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur yang sudah disepakati serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat meskipun dalam situasi yang serba dilematis.

Pelaksanaan latihan gladi posko I disamping bagian dari proses bertingkat dan berlanjut serta merupakan pelaksanaan program kerja tahunan, latihan ini juga diproyeksikan untuk kemampuan kesatuan sehingga untuk melaksanakan tuntutan tugas utamanya dalam mengatasi suatu permasalahan seperti terjadinya bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan yang mungkin terjadi di wilayah kabupaten Blitar.

Dengan berpedoman pada pengalaman latihan sebelumnya serta berbekal pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki diharapkan pelaksanaan gladi posko I Kodim 0808 Blitar dapat dilaksanakan dengan baik sehingga seluruh jajaran Kodim Blitar memiliki kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembeng menjadi kerawanan atau gejolak sosial yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah.

Tema pelaksanaan Gladi Posko I Blitar adalah “Kodim Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemda, Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang”

Berorientasi pada tema tersebut bentuk operasi yang diberikan adalah operasi penanggulangan bencana. Selain meningkatkan profesionalitas juga terkandung maksud peduli aparat yag sewaktu-waktu memberikan kontribusi secara maksimal kepada masyarakat sekitarnya khususnya dalam rangka penanganan bencana alam.

Di akhir sambutannya, Danrem menekankan hendaknya Jajaran TNI mampu berdampingan dengan instansi terkait apalagi dalam penanganan bencana. Meski di daerah sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), namun penanganan bencana juga merupakan salah satu tugas TNI sesuai Undang-Undang (UU) oleh karena itu kehadiran Satuan Komando Kewilyahan (Satkowil) baik diminta ataupun tidak, harus berperan didalamnya, tegasnya. Upacara pembukaan Latihan Posko-I Kodim 0808/Blitar ditandai dengan penyematan pita dan pemasangan tanda penyelenggara dan pelaku oleh Komandan Korem 081/DSJ. (Eri)