03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Koramil Kota Blitar Budidaya Bungkul dan Kobis

Koramil Kota Blitar Budidaya Bungkul dan KobisBlitar, KabarGress.com – Dalam kerangka turut serta mewujudkan masyarakat sehat, Koramil  0808/01 Kota Blitar, Makodim Blitar, melakukan budidaya Sayur – mayur diatas lahan Koramil. ” Pemanfaatan lahan kosong dengan penanaman sayur – mayur di lakukan oleh anggota Koramil menggandeng masyarakat,” Kata Danramil Kota Blitar, Kapten Inf Maulana, melalui Press Release yang dikirim ke KabarGress.com, Senin (11/8/2014).

Danramil Maulana, didampingi Batuud Peltu Suratno, menegaskan gagasan kegiatan penanaman sayuran, gagasannya adalah untuk memanfaatkan lahan di dalam pangkalan Makoramil, kosong menjadi produktif selain sebagai upaya mensukseskan program Pertanian juga sebagai upaya meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan perubahan iklim pemanasan global atau global warming.” Oleh sebab itu lahan yang ada saya manfaatkan untuk lahan Pertanian, bersama anggota saya gunanakan penanaman sayuran,” imbuhnya.

Apalagi, secara giografis Kota Blitar sangat mendukung untuk Pertanian. Obyek lahan yang dipilih penanaman sayur- mayur lahan di sekitar pangkalan Makoramil, maupun lahan di sekitar Rumah.” Prinsipnya, seberapapun lahan yang Ada harus dapat dimanfaatkan secara optimal. Istalahnya jangan sampai ada sejengkal tanah pun yang tidak termanfaatkan. Teknis penanaman holtikultura sekitar Rumah menggunakan polibag. Dengan cara seperti ini  potensi hidup dan tumbuh tanaman bisa maksimal. Apalagi jika di dukung perawatan pasca tanaman yang baik, semua benih serta bibit yang ditanam bakal hidup Dan tumbuh dengan baik,” Tandas Maulana, optimis.

Secara Ekonomi, jika kegiatan ini mampu di tangani dengan baik,akan dapat  meringankan biaya belanja istri para anggota .” ibu-ibu kalau selama ini membeli sayur- mayur ke passer untuk kebutuhan sehari-hari . Ke depan jika hendak memasak sayur – mayur cukup memetik Saja sayuran yang telah ditanamnya,” kata Danramil, didampingi Ny Maulana.

Sedangkan secara strategies goal target dari kegiatan budidaya holtikultura  ini dilaksanakan  dalam rangka mengoptimalkan program Ketahanan Pangan di canangkan oleh Satuan. ” Usia tanam tidak lama hanya sekitar dua bulan sudah bisa dipanen. Sehingga jika di kelola dengan baik sayur- mayur yang ditanam dapat meringankan biaya belanja kita,” kata Danramil,sembari menyatakan bahwa budidaya sayur- mayur yang dilakukan dipastikan akan banyak manfaat yang dirasakan oleh prajurit.

Disamping secara ekonmis meringankan biaya belanja, kelak para anggota yang telah purna tugas ( Pansiun)  bisa dikembangkan lebih baik lagi untuk menambah penghasilan dan kesejahteraan hidup mereka.” Bahkan kalau ditekuni, bisa juga sebagai peluang bisnis bagi keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Dan jenis sayur- mayur yang kita tanam di antaranya, bunga kul (bungkul), brokoli, kubis, terong, cabe, seledri, sawi dan jenis sayuran lainnya.​Program ini bukan saja dilaksanakan di Makodim 0808/Blitar saja akan tetapi di jajaran bawah Koramil termasuk para Babinsanya sangat giat dalam melaksanakan budidaya sayuran ini,” pungkasnya. (Eri)