15/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Halal Bihalal Forum Eratkan Silaturahim

Halal Bihalal Forum Eratkan SilaturahimSidoarjo, KabarGress.com – Halal Bihalal merupakan sarana untuk membangun kembali hubungan antar manusia setelah melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh.  Selain itu, Halal Bihalal juga dapat dijadikan forum untuk eratkan tali silaturahmi antarsesama umat manusia yang beriman. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat menghadiri Halal Bihalal Ikatan Guru Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal/Tarbiyatul Athfal (IGRA) di Aula Kemenag Kab. Sidoarjo, Minggu (10/8).

Ia menjelaskan, halal bihalal merupakan budaya asli dari Indonesia yang telah tumbuh dan berkembang dengan tujuan untuk kembali mempersatukan dan mempererat hubungan antar manusia secara seimbang disamping beribadah kepada Allah SWT.

Jika selama bulan ramadhan, manusia disibukkan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT dengan berbagai macam ibadah, amal dan kebaikan. Maka, pada saat Idul Fitri di hari kemenangan, manusia harus segera bertemu dengan sesamanya untuk saling memaafkan.

Gus Ipul menambahkan, bahwa ulama dan kiai mendeskripsikan bahwa halal bihalal sebagai wadah kepada manusia untuk saling berintropeksi diri dengan cara saling menghargai yang diwujudkan saling bermaafan.

“Karena sesungguhnya, di tengah kesibukan antar manusia terkadang waktu bertemu antar kerabat, saudara dan tetangga sangat susah. Untuk itu, dengan adanya halal bihalal waktu dapat ditentukan untuk bertemu sehingga hubungan antara manusia bisa tersampaikan, setelah hubungan manusia dengan Allah SWT diselesaikan,” imbuhnya.

Ia berharap, kebiasaan halal bihalal dari tahun ke tahun semakin berkualitas sehingga membuat negara lain meniru cara dari Bangsa Indonesia yang memiliki ciri khas saling menghargai, menghormati dan memaafkan setelah melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh.

Di tempat yang sama, Ketua IGRA Kab. Sidoarjo Ninik Kustini mengaku bersyukur atas terselenggaranya halal bihalal yang mempertemukan guru-guru Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal/Tarbiyatul Athfal se Sidoarjo.

Halal bihalal ini diselenggarakan untuk terus memperkuat tali silaturahmi antar guru-guru Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal/Tarbiyatul Athfal setelah melaksanakan ibadah suci Ramadhan 1435 H.

Dihadapan 300 undangan yang hadir, ia mengaku bersyukur kegiatan ini dihadiri oleh Gus Ipul. Ia menilai, bahwa sosok Gus Ipul yang merupakan Wagub Jatim adalah penyemangat bagi guru-guru islam pengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (Paud).

“Allhamdulillah, beliau hadir untuk memberikansemangat bagi kami sekaligus memberikan arahan. Kehadiran Pak Wagub, secara tidak langsung memberikan energi positifuntuk lebih berkarya guna meningkatkan kualitas pendidikan secara baik di Sidoarjo dan Jatim,” tutupnya. (Eri)