18/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Gubernur Soekarwo Halal Bi Halal dan Temu Alumni Asrama Bhineka Tunggal Ika

Gubernur Soekarwo Halal Bi Halal dan Temu Alumni Asrama Bhineka Tunggal IkaSurabaya, KabarGress.com – Guyub, suka cita, penuh canda dalam suasana kekeluargaan, dan diselingi celoteh saling mengingatkan semasa hidup di asrama, itulah gambaran suasana Halal Bi Halal sekaligus Temu Alumni Asrama Bhineka Tunggal Ika (Eksblauran 57 a), yang diadakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (10/8).

Acara tersebut diadakan di Gedung Negara Grahadi karena salah satu penghuni asrama adalah orang nomor satu di Jawa Timur yang tidak lain adalah Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo.

Dalam sambutan yang diselingi dengan gaya guyonan, Soekarwo  mengatakan bahwa alumni Asrama Bhineka Tunggal Ika merupakan sekumpulan orang-orang gendeng  yang sekarang telah kembali menjadi orang  baik, karena sebagian besarpenghuni asrama telah menjadi orang yang berguna bagi orang lain.

“Para istri dan anak-anak alumni Asrama Bhineka Tunggal Ika jangan merasa terganggu, karena kami semua sudah menjadi manusia lumrah yang berguna bagi orang lain,” selorohnya.

Pada kesempatan itu, Soekarwo juga menceriterakan sambil mengingat kembali bagaimana tingkah konyol yang dilakukan oleh penghuni asrama pada waktu yang lalu. Digambarkan  bagaimana caranya agar mereka bisa makan dengan lauk-pauk yang enak walaupun dalam keadaan serba terbatas. Antara lain dengan cara menjual celana panjang yang sudah tidak terpakai pada rombeng,dan hasil penjualan dibelikan ayam goreng pemuda tetapi yang dibeli khusus leher dan kepala ayam.

Diungkapkan siapa yang menjadi pemecah rekor nunggak bayar asrama, siapa yang suka minum kopi milik teman. Dan masih banyak cerita-cerita lucu yang terungkap pada kesempatan itu, yang tentunya menjadi kenangan indah dan tak pernah terlupakan, bahkan  bisa sebagai cerita untuk anak-cucu saat ini.

Perlu diingat dan diketahui  Asrama Bhineka Tunggal Ikamerupaka asrama putra yang dihuni para mahasiswa Universitas Airlangga, Fakultas Kedokeran dan Fakultas Hukum.

Berdiri sejak September 1958 bertempat di Jl. Blauran N0. 57 A Surabaya. Tetapi sejak tahun 1992 asrama tersebut berpindah tempat di Jalan Raya Mulyosari no. 370 Surabaya, yang diketuai Izza Hadi Pradana (mahasiswa Fakultas Keperawatan).

Alumni asrama mendirikan Yayasan DB Bhineka Tunggal IKa yang saat ini sebagai ketua adalah dr. Subandi Sp.OG, sedangkan sebagai Ketua Alumni adalah dr. Haryo Wahyudi, Sp.M.

Acara terasa bertambah meriah dan mengharukan saat penghuni asrama saat ini menyumbangkan sebuah Tarian Reog Ponorogo, dan paduan suara yang menggambarkan bagaimana kehidupan di asrama, sesuai dengan lirik lagu Rumah Kita(dipopulerkan Ahmad Albar).

“Walaupun kita hidup di asrama, jauh dari orang tua, berasal dari berbagai daerah di seluruh Nusantara, tetapi kita tetap satu, mencintai budaya, bisa menjadi orang yang berguna, jujur, penuh tanggungjawab, dan mempunyai tenggangrasa. Dan merasa hidup di rumah sendiri,” ungkap ketua asrama Izza Hadi Pradana. (Eri)