15/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Perkuat Tugas Teritorial, Koramil 07 Karangrejo Kodim Magetan Lakukan Binter Personil

Perkuat Tugas Teritorial, Koramil 07 Karangrejo Kodim Magetan Lakukan Binter PersonilMagetan, KabarGress. Com – Komando Resort Militer (Koramil) 07 Karangrejo, Komando Distrik Militer (Kodim) 0804 Magetan, melakukan Pembinaan Teritorial (Binter) kepada anggotanya. Binter ini sebagai agenda rutin yang wajib dilaksanakan Koramil dan Kodim di Jajaran Kodam V/Brawijaya. Penegasan ini disampaikan Kapendam Kol.Arm. TNI. Totok Sugiyarto, melalui releasenya, Kamis (7/8/2014).

Menurut Kapendam, Binter, sebagai upaya mewujudkan ruang juang, alat juang, serta kondisi juang yang tangguh sebagai bentuk Manunggalnya TNI dengan rakyat. “Pembinaan teritorial pada anggota, TNI jajaran Kodam dilaksanakan secara rutin. Tujuaannya, agar mereka dapat melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dengan baik,” katanya.

Selain penguatan tugas teritorial bagi personil, kegiatan konkret dilakukan TNI yang bertugas di seluruh Koramil, dan Kodim adalah dengan menggelar Karya Bhakti. “Kegiatan dilaksanakan  bersifat lintas sektoral, terpadu dan melibatkan seluruh komponen bangsa,” tandas Kapendam.

“Karya Bhakti yang dilakukan dengan pendekatan turut berpesan serta meningkatkan  kesejahteraan masyarakat, tanpa mengabaikan kesiapsiagaan satuan dalam melaksanakan tugas pokoknya,” tambahnya.

Binter, para anggota TNI khususnya Babinsa di Koramil 07/Karangrejo, bagian Komando dari Atas yang harus mampu dilaksanakan. “Para Babinsa juga mendukung jalannya roda pemerintahan di wilayah desa binaan. Dan salah satu peran Babinsa Koramil 07 Karangrejo yaitu memberikan contoh serta mengajak Masyarakat Kec. Karangrejo untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan lingkungan tempat tinggal, sesuai dengan Santi Aji Delapan Wajib TNI point ke-8,” imbuhnya.

TNI harus mampu mengemban tugas dan menjadi Contoh, Mempelopori Usaha-usaha dalam mengatasi kesulitan yang ada di masyarakat di sekililingnya. Pelaksanakan Karya Bhakti dengan mengikutsertakan Masyarakat Kec. Karangrejo dalam menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan lingkungan tempat tinggal serta fasilitas umum seperti pembersihan parit kiri-kanan jalan, pembenahan dan pembersihan Jambur (Balai Pertemuan Rakyat), pembersihan tempat olah raga dan rumah ibadah  Masjid.

Sementara itu Kegiatan Karya Bhakti Koramil 07/Karangrejo dipimpin langsung oleh Danramil 07/Karangrejo, Kapten Inf Efendi Santoso serta dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ini tetap berkoordinasi dengan Muspika, Tokoh Masyarakat, Adat, Agama dan Pemuda yang ada di Kec. Karangrejo, dengan maksud Karya Bhakti yang dilaksanakan oleh Koramil 07/Karangrejo bukan hanya untuk membersihkan lingkungan saja tetapi sebagai sarana untuk komunikasi dan bersilaturahim khususnya Masyarakat Kec. Panekan. Kegiatan Karya Bhakti merupakan upaya pendalaman nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan Rakyat, dan kegiatan Karya Bhakti ini dilaksanakan setiap minggu ke-2 setiap bulannya.

Adapun,’ VISI PANGDAM V/BRAWIJAYA MEWUJUDKAN KODAM V/BRW:
YANG DISIPLIN, PROFESIONAL, BERPRESTASI DAN DICINTAI OLEH RAKYAT. (Eri)