01/12/2020

Jadikan yang Terdepan

MasterCard dan Asosiasi E-commerce Indonesia Luncurkan Pesta Belanja Online

Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia (tengah) bersama Johanes Chang, Country Head Indonesia, Living Social (kiri) dan Agus Tjandra, Wakil Ketua, idEA (kanan) di acara peluncuran Pesta Belanja Online di Jakarta, 7 Agustus 2014. MasterCard berusaha menggali potensi e-commerce melalui sistem pembayaran elektronik yang cepat, aman dan nyaman.
Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia (tengah) bersama Johanes Chang, Country Head Indonesia, Living Social (kiri) dan Agus Tjandra, Wakil Ketua, idEA (kanan) di acara peluncuran Pesta Belanja Online di Jakarta, 7 Agustus 2014. MasterCard berusaha menggali potensi e-commerce melalui sistem pembayaran elektronik yang cepat, aman dan nyaman.

Jakarta, KabarGress.Com – Bekerja sama dengan 14 merchant terkemuka di tanah air, MasterCard Indonesia dan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) hari ini meluncurkan program Pesta Belanja Online. Program yang merupakan salah satu bentuk kegiatan dari kemitraan antara MasterCard dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) akan berlangsung mulai bulan Agustus 2014 hingga Januari 2015 dengan menyediakan berbagai penawaran menarik bagi para pengguna kartu MasterCard.

Para pengguna kartu MasterCard dapat berbelanja di 14 merchant yang berpartisipasi dalam program tersebut yakni: Bhinneka.com, Saqina.com, Lazada.co.id, Floweradvisor.co.id, Lojai.com, Livingsocial.co.id, Perkakasku.com, Tiket.com, Zalora.co.id, Sukamart.com, Electronic-city.com, Happyholiday.travel, Groupon.co.id dan Multipro.co.id. Dimana program yang ditawarkan beraneka-ragam setiap bulannya sesuai dengan kategori merchant yang berpartisipasi. Contohnya potongan harga (diskon) hingga 80% atau voucher hingga Rp. 200.000 untuk pembelanjaan selama periode promosi.

E-commerce di Indonesia telah menjadi salah satu industri dengan perkembangan yang cukup pesat. Tetapi, tidak diikuti dengan pertumbuhan sistem pembayaran transaksi elektronik. Menurut MasterCard Online Shopping Behavior Study, sistem konvensional seperti uang tunai masih mendominasi sistem pembayaran online shopping di Indonesia dengan 37.9% diikuti dengan transfer tunai antar bank dengan 27.5%.

Sementara itu menurut survei MasterCard yang juga dilaksanakan di 14 negara Asia Pasifik, metode pembayaran yang nyaman (92,6%), kecepatan transaksi (92,2%) dan fasilitas pembayaran yang aman (92%) menjadi tiga faktor utama yang menentukan keputusan beli saat melakukan belanja online. Karenanya penggunaan sistem pembayaran konvensional tentu tidak akan menyediakan metode yang nyaman, cepat dan aman.

“Peluncuran Pesta Belanja Online hari ini pun merupakan salah satu bentuk komitmen MasterCard untuk mengembangkan potensi e-commerce di Indonesia. Dengan dukungan infrastruktur jaringan yang kuat serta kemitraan dengan bank-bank di tanah air, MasterCard selalu berusaha memberikan solusi pembayaran elektronik yang cepat, aman dan nyaman hingga keefektifan dan efisiensi yang ditawarkan online shopping dapat dirasakan konsumen Indonesia serta berkontribusi terhadap program Bank Indonesia; Less cash society,” ujar Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar.

Menariknya, menurut MasterCard Online Shopping Behavior Study, 83.9% dari masyarakat Indonesia memilih online shopping karena adanya penawaran yang menarik. Termaksud dalam bentuk penawaran berupa potongan harga langsung (diskon), undian berhadiah atau adanya pembebasan ongkos kirim dari pihak penjual. Pertumbuhan kepercayaan orang terhadap online shopping juga didukung dengan faktor eksternal dimana opportunity cost untuk mengganti tenaga dan waktu yang hilang untuk keliling toko atau bbm yang dibakar saat macet-macetan di jalan cenderung cukup tinggi dibandingkan dengan sumber daya yang dibutuhkan dikala kita  melakukan online shopping.

Menurut Daniel Tumiwa, selaku Ketua Umum idEA, “Kegiatan promosi seperti ini tentunya berdampak positif bagi industri karena berpotensi meningkatkan volume transaksi dari existing customer maupun menjangkau pembeli baru lainnya. Kegiatan ini juga penting untuk semakin membiasakan konsumen Indonesia dengan metode pembayaran yang nyaman di luar transfer bank. Menurut riset kami beberapa waktu lalu, convenience menjadi salah satu faktor penting dalam berbelanja online”.

“Program ini merupakan dukungan kepada pelaku usaha ecommerce dalam mengedukasi pelanggan dan calon pelanggan di Indonesia akan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan berbelanja online dengan menggunakan metode pembayaran online,” sebut Johanes Chang, Country Head, Living Social Indonesia yang juga merupakan salah satu anggota idEA. “Sebagai pelaku usaha ecommerce, kami tentunya juga terbantu dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan apabila  pembayarannya dilakukan secara online; yang di antaranya adalah konfirmasi pembelian dan pengiriman produk yang lebih cepat,” tambahnya.

Ke depannya masih banyak program lainnya yang akan diluncurkan oleh idEA dan MasterCard sebagai wujud komitmen bersama untuk menjadikan e-commerce Indonesia sebagai pendukung percepatan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. (ro)