20/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Komodo KBS Ditemukan Mati di Kandang

Surabaya, KabarGress.Com – Kembali, seekor komodo berjenis kelamin jantan (Varanus Komodoensis) koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) ditemukan mati di kandangnya, Kamis (7/8/2014) pkul 06.00 WIB. Komodo itu ditemukan tak bernyawa oleh keepernya, Suraji (53), saat akan melakukan pengecekan kandang komodo.

Menurut Humas PDTS KBS, Agus Supangkat, satwa asli Indonesia yang mati ini berjenis kelamin jantan berusia 11 tahun. Dirinya menduga, kematian komodo ini disebabkan oleh gangguan pencernaan yang kurang lancar.

“Hasil otopsi sementara komodo yang mati ini karena mengalami gangguan pencernakan.Tapi untuk mengetahui hasil pastinya, kami mengirimkan organ terkait ke lab FKH Unair, untuk melakukan pmeriksa’an lebih mendalam,” ujar Agus Supangkat.

Ia memaparkan, untuk saat ini jumlah komodo di KBS tercatat hanya tersisa 72 ekor saja. “Sebelum ditemukan mati di kandangnya, tidak ada tanda tanda kalau komodo ini sedang mengalami sakit, tiba-tiba disaat keeper kami melakukan pengecekan kandang tahu-tahu komodo itu ditemukan tewas,” paparnya.

Untuk keperluan makan komodo, selama ini Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS menyediahkan daging kambing. Hanya daging tersebut tak diberikan setiap hari karena jadwal pemberian makannya sudah ada.

“Daging itu kami bagikan setiap tanggal 5 dan 20 tiap bulannya. Masing-masing kami berikan 1 ekor kambing dewasa untuk dibagi bagikan kepada 13 ekor komodo dewasa agar tidak sampai terjadi kelaparan,” katanya. (Tur)